• Berita Terkini

    Jumat, 07 Agustus 2020

    992.286 Pemilih Pilkada Kebumen 2020 Sudah Tercoklit

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) yang dilaksanakan oleh KPU tinggal sepekan lagi. Coklit yang dilaksanakan petugas Petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dimulai pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang.

    Pastikan masyarakat yang mempunyai hal pilih, telah terdaftar dalam data coklit. Hal ini juga dilaksanakan guna menjamin hak suara bagi warga negara yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

    Di Kebumen sendiri hingga Jumat (7/8/2020) telah tercoklit sebanyak 992.286 orang. Ini dari 1.062.536  jumlah pemilih di Kabupaten Kebumen.  Masih adanya sisa waktu sepekan dalam pelaksanaan coklit, dipastikan semua pemilih dapat terdata dengan baik.

    Komisioner KPU Divisi Data dan Informasi Dzakiatul Banat menyampaikan KPU Kebumen telah menggelar tahapan coklit. Hal tersebut menjadi langkah awal dalam penjaminan hak pilih masyarakat. Hasil dari kegiatan coklit ini nantinya akan direkapitulasi dan diujipublikkan sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dijadwalkan pada 9-16 oktober 2020 mendatang. “Terkait data pemilih, masyarakat bisa mengecek apakah sudah terdaftar atau belum. Ini dalam daftar pemilih dengan mengakses www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id,” tuturnya.

    Nantinya, seandainya terdapat masyarakat yang belum terdaftar dalam data pemilih dapat segera menghubungi PPS di desanya dan menyampaikan jika pihaknya belum dicoklit. “Bagi yang belum dapat segera menghubungi PPS di desanya,” jelasnya.

    Sementara itu, Ketua KPU Kebumen Yulianto KPU juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut aktif menyukseskan kegiatan coklit tersebut. Ini dapat dilaksanakan dengan menyediakan waktu dan data yang dibutuhkan oleh petugas PPDP. “KPU juga memastikan bahwa proses kegiatan coklit ini telah mematuhi protokol kesehatan covid-19,” ucapnya.

    Sekedar informasi saja, Jadwal Tahapan Pencalonan Pilbup Kebumen untuk pengumuman pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati dilaksanakan pada 28 Agustus hingga 3 September. Pendaftaran pasangan calon dan juga verifikasi syarat pencalonan dilaksanakan 4 hingga 6 September. Adapun pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat dilaksanakan pada 4 hingga 8 September.

    Pemeriksaan kesehatan dilaksanakan pada 4 hingga 11 September. Penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan pada 11-12 September. Verifikasi syarat calon pada 6 hingga 12 September. Pemberitahuan hasil  verifikasi pada 13 hingga 14 September. Adapun penyerahan dokumen perbaikan syarat calon pada 14 hingga 16 September.
    Untuk pengumuman dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU pada 14 hingga 22 September. Verifikasi dokumen perbaikan syarat calon pada 16 hingga 22 September. Penetapan pasangan calon pada 23 September. Pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon pada 24 September dan sengketa tata usaha negara pemilihan pada 23 September hingga 9 November 2020. (mam)



     Tahapan Pencalonan Pilbup Kebumen

    -Pengumuman pendaftaran pasangan calon bupati dan wakil bupati 28 Agustus hingga 3 September.
    -Pendaftaran pasangan calon dan juga verifikasi syarat pencalonan 4 hingga 6 September.
    -Pengumuman dokumen pasangan calon dan dokumen calon di laman KPU untuk memperoleh tanggapan dan masukan masyarakat dilaksanakan pada 4 hingga 8 September.
    -Pemeriksaan kesehatan 4 hingga 11 September.
    -Penyampaian hasil pemeriksaan kesehatan 11-12 September.
    -Verifikasi syarat calon 6 hingga 12 September.
    -Pemberitahuan hasil verifikasi 13 hingga 14 September.
    -Penyerahan dokumen perbaikan syarat calon 14 hingga 16 September.
    -Pengumuman dokumen perbaikan syarat calon di laman KPU 14 hingga 22 September.
    -Verifikasi dokumen perbaikan syarat calon 16 hingga 22 September.
    -Penetapan pasangan calon 23 September.
    -Pengundian dan pengumuman nomor urut pasangan calon 24 September
    -Sengketa tata usaha negara pemilihan 23 September hingga 9 November 2020.


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top