• Berita Terkini

    Senin, 27 Juli 2020

    UMKM Purworejo Diminta Tingkatkan Kerjasama dengan Swalayan

    PURWOREJO- UMKM yang difasilitasi Dinas KUKMP, diminta dapat terus meningkatkan kerjasama dengan Swalayan yang ada di Purworejo. Terutama produk-produk yang menjadi unggulan UMKM untuk bisa masuk di swalayan, sehingga memiliki jangkauan penjualan yang lebih luas.

    Hal itu disampaikan Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti dalam Diklat peningkatan SDM kewirausahaan pelaku UMKM, di Balai Kelurahan Sucen Jurutengah. Hadir pula Kepala Dinas KUKMP Drs Bambang Susilo beserta sejumlah pejabat, sekretaris Bapermasdes Anas Naryadi SH MM, dan Kepala Kelurahan Sucen Jurutengah Bambang Subiyanto SIP.

    Lebih lanjut Yuli Hastuti mengatakan, produk yang sudah masuk UMKM cukup banyak dan yang belum juga banyak. Maka perlunya terus memperbaiki kualitas dan kemasan produk, supaya bisa disejajarkan dengan produk lain di swalayan.

    “Salah satunya melalui pelatihan ini, seakaligus untuk mengatasi kemiskinan. Saya berharap jangan hanya sekedar ikut pelatihan, tapi ditekuni dan ditindaklanjuti. Pemerintah akan terus mendampingi dan memantau perkembangan UMKM,” tuturnya.   

    Dikatakan, masa pandemi Covid-19 saat ini, semua sektor kehidupan mengalami persoalan Termasuk bidang ekonomi, mengakibatkan banyak perusahaan yang tutup, sehingga banyak karyawan yang kehilangan pekerjaan. 

    “Namun saya berharap, UMKM akan tetap mampu bertahan seperti pada saat krisis moneter beberapa tahun lalu. Untuk itu diperlukan berbagai terobosan guna mendukung eksistensi keberlanjutan usaha," harap Yui Hastuti.

    Sementara itu Bambang Susilo menjelaskan, penyelenggaraan pelatihan sebagai tindak lanjut kegiatan tim penanggulangan kemiskinan daerah (TPKD) Kabupaten Purworejo Kemiskinan merupakan permasalahan yang terjadi secara nasional, di Kabupaten Purworejo terdapat 53 desa yang menurut data statistik tingkat kesejahteraan warganya masih rendah.

    Di Kecamatan Bayan terdapat 4 kelurahan yang mengalami penurunan kesejahteraan sosial yakni Sucen Jurutengah, Pekutan, Sambeng, dan Pucangagung.

    "Sedangkan tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan upaya kesejahteraan yang masih rendah agar lebih meningkat melalui usaha kecil mikro yang ada di kelurahan Sucen Jurutengah," tandasnya.(ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top