• Berita Terkini

    Kamis, 09 Juli 2020

    Pilkada Kebumen, KPU Akan Coklit 1.062.536 Pemilih

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Tahapan pemutakhiran data dan daftar pemilih untuk pemilihan lanjutan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen 2020 diawali dengan proses Pencocokan dan Penelitian (Coklit).  Dalam hal ini Komisi Penyelenggara Pemilu (KPU) Kebumen sedang melakukan proses penyusunan bahan coklit sejumlah 1.062.536 pemilih.

    Jumlah tersebut untuk 3.155 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Adapun data sebanyak 1.062.536 pemilih merupakan sinkronisasi antara DP4 dari Kemendagri dan DPT Pemilu 2019. Ini ditambah dengan pemilih pemula tambahan dari 24 September hingga  Desember 2020. Jumlah tersebut merupakan data awal yang akan digunakan untuk melakukan proses coklit.

    Ketua KPU Kebumen Yulianto menyampaikan proses coklit sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 15 Juli hingga 13 Agustus 2020 mendatang. Ini dilaksankan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau lebih dikenal dengan sebutan PPDP.

    Selama masa tahapan coklit, lanjutnya, PPDP akan mendatangi rumah-rumah penduduk. Ini untuk meneliti dan mencocokkan data pemilih yang ada dalam bahan coklit. Apakah data tersebut sesuai dengan KTP elektronik dan Kartu Keluarga yang bersangkutan atau tidak. “Selain itu apakah masih memenuhi syarat sebagai pemilih atau tidak,” tuturnya, Kamis (9/7/2020).

    Yuli juga menyampaikan, masyarakat atau pemilih juga harus memastikan rumah masing-masing didatangi oleh PPDP. Selain itu juga pastikan PPDP memasang stiker tanda bahwa rumah tersebut sudah di coklit. “Selama tahapan berlangsung, masyarakat untuk mempersiapkan KTP elektronik dan Kartu Keluarga masing-masing,” ungkapnya.
    Kesuksesan sebuah proses pemilu bukan hanya bergantung kepada KPU. Namun dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak. Ini mulai dari penyelenggara, peserta dan pemilih. Selain itu juga unsur kepedulian dari instansi lainnya.

    Dalam hal coklit dibutuh kerjasama yang baik antara PPDP dan pemilih. Ini untuk menjadikan Daftar Pemilih Pilbup Kebumen 2020 menjadi akurat dan dapat dipertanggungjaabkan kebenarannya. “Ayo! Sukseskan gerakan coklit. Siapkan dan tunjukkan  KTP elektronik dan Kartu Keluarga kepada PPDP yang datang. Jadilah Pemilih yang berkualitas,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top