• Berita Terkini

    Selasa, 28 Juli 2020

    Pengurus PPS Wekasan SN Tunggal Dikukuhkan

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pengurus Cabang Perguruan Pencak Silat Wekasan Suprih Ngudi Tunggal Kebumen dikukuhkan. Pengukuhan tersebut dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum PPS Wekasan SN Tunggal Laksamana Pertama TNI Sudarmoko MM. Acara pengukuhan dilaksanakan di Desa Kenoyojayan Kecamatan Ambal, Sabtu (25/7) malam.

    Acara dilaksanakan di Rumah Sekretaris PPS SN Tunggal Cabang Kebumen Martijo. Adapun resepsi pengukuhan bertempat di halaman SDN Kenoyojayan. Pada kesempatan tersebut dilaksanakan uraian sejaran singkat PPS Wekasan SN Tunggal. Selain itu juga dilaksanakan penampilan beberapa jurus PPS Wekasan. Ini mulai dari Kalimantan, DKI  hingga dari Kebumen.

    Dalam sambutannya, Ketua Cabang PPS Wekasan SN Tunggal Kebumen Hadi Pranoto melalui Sekretarisnya Martijo menyampaikan pengukuhan menjadi momentun yang sangat istimewa. Sebab dilaksanakan langsung oleh Ketua Umum Laksamana Pertama TNI Sudarmoko MM. “Selainn itu juga dihadiri oleh Ketua Pengurus Daerah PPS Wekasan SN Tunggal DKI Kol (Purn) Imam Suroso.  Ini akan menjadi spirit tersendiri bagi PPS Wekasan Kebumen,” tuturnya.

    Dijelaskan pula, PPS Wekasan SN Tunggal didirikan oleh Putra Kebumen  tepatnya Ambal yakni oleh Kasan Gendon yang juga merupakan seorang pejuang. Kala itu pada tahun 1918 sebagai Abdi Dalem Kerajaan Kasan Gendon ditugaskan di Borneo yang kini dinamakan Kalimantan. “Disanalah pada tahun 1920 Kasan Gendon mendirikan PPS Wekasan SN Tunggal,” jelasnya.

    Sebagai Putra Ambal, lanjut Matijo, sudah selayaknya nguri-uri PPS Wekasan, yang didirikan oleh orang asli Ambal.  Terlebih PPS Wekasan juga menjadi modal perjuangan untuk melawan para penjajah dalam merebut kemerdekaan. “Untuk itu kami para pengurus akan selalu amanah dan terus berjuang dalam mengemban tugas ini. Meski baru dikukuhkan, di Kebumen sendiri kini telah terbentuk 11 ranting,” katanya.

    Sementara itu Ketua Umum PPS Wekasan SN Tunggal Laksamana Pertama TNI Sudarmoko MM menyampaikan rasa harunya berkunjung ke Ambal yang merupakan tanah kelahiran Pendiri PPS Wekasan SN Tunggal. “Saya sangat terharu, dapat mengunjungi   Ambal yang merupakan tanah kelahiran Pendiri PPS Wekasan,” paparnya.

    Laksamana Pertama TNI Sudarmoko mengaku sangat mengagumi sosok Kasan Gendon. Dimana dengan modal pencak silat,  mampu mempersatukan masyarakat untuk bersama-sama melawan penjajah.  Setelah didirikan PPS Wekasan berkembang pesat di Kalimantan Barat. Bahkan kemarin sudah masuk pada Pekan Olahraga Nasional (PON). “Harapannya nanti akan go to Internasional. Di Kalimantan Barat kini terdapat delapan cabang dengan 17 ranting. Sehingga hampir di semua kabupaten ada PPS Wekasan SN Tunggal,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top