• Berita Terkini

    Kamis, 09 Juli 2020

    Pemkab Purworejo Minta Ponpes Tidak Jadi Klaster Baru Covid-19

    PURWOREJO- Pondok Pesantren (Ponpes) diminta melakukan berbagai persiapan adaptasi penerapan kebijakan new habit (kebiasaan baru) sesuai protokol kesehatan. Ponpes diharapkan tidak menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

    Beberapa persyaratan sebelum memulai proses tatap muka di Ponpes, antara lain harus membentuk gugus tugas, memenuhi fasilitas protokol kesehatan, pengasuh dan peserta didik dalam kondisi sehat. 

    "Pendidikan Ponpes harus mempersiapkan diri memasuki tahun ajaran baru, dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan. Ponpes yang akan buka juga diwajibkan berkoordinasi dengan gugus tugas penanganan Covid-19," ucap Kepala Kantor Kemenag Drs Bambang Sutjipto MPdI pada Sosialisasi Penyelenggaraan Pendidikan Pondok Pesantren dalam New Habit, di ruang Arahiwang Setda Purworejo, Kamis (9/07/2020).

    Sosialisasi dipimpin Kabag Kesra Drs Faturohman MM, dengan narasumber Kepala Kantor Kemenag Drs Bambang Sutjipto MPdI, Kepala Dinkes dr Sudarmi MM dan Direktur RSU RAA Tjokronegoro dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL. Sedangkan peserta merupakan pengasuh dari 38 Ponpes, yang dipilih dari 134 Ponpes di Kabupaten Purworejo.

    Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dr Sudarmi MM, mengungkapkan pihaknya akan melakukan sampling rapid test terhadap santri dari daerah merah dan hitam. Namun sebelum santri masuk Ponpes, pengasuh dan lingkungan pondok juga harus bersih.

    “Mari kita buktikan bahwa ponpes tidak akan menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, kalau di desa dan kampung ada jogo tonggo, maka di Ponpes juga harus ada jogo santri,” katanya.

    Hal senada diungkapkan Direktur RSU RAA Tjokronegoro dr Tolkha Amaruddin Sp THT KL, yang meminta agar pengasuh Ponpes tidak ragu-ragu melaporkan dan memeriksakan apabila ada santri yang memiliki gejala sakit. “Segeralah berkoordinasi dengan Puskesmas terdekat, jangan sampai terlambat,” tandasnya.(ndi)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top