• Berita Terkini

    Jumat, 24 Juli 2020

    Pelanggar Lalu Lintas Bakal Ditindak Tegas

    PURWOREJO- Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Purworejo menggelar Operasi Patuh Candi 2020 mulai 23 Juli hingga 5 Agustus 2020 mendatang. Selama 14 tersebut, para pengguna jalan yang melakukan pelanggaran lalu lintas bakal ditindak tegas.

    Kapolres AKBP Rizal Marito SIK SH MSi. mengungkapkan, Operasi Patuh Candi digelar secara serentak nasional. Untuk menyukseskan operasi kali ini, Polres Purworejo menerjunkan sebanyak 57 personel.

    “Tujuan dari Operasi Patuh ini untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. Kita berharap masyarakat Kabupaten Purworejo melengkapi surat-surat kendaraannya dan berkendara dengan mengacu ptotokol kesehatan,” ungkap Kapolres.

    Kasatlantas Polres Purworejo AKB Dani Kurniawan SE SIK melalui KBO Iptu Kuwat Ragil Saputro, menjelaskan bahwa selama Operasi Patuh, tindakan yang dilakukan meliputi 40 persen preemtif, 40 persen preventif, dan 20 persen tindakan represif.
    “Kita prioritaskan pada pelanggaran fatal yang mengakibatkan kecelakaan,” jelas Kuwat.

    Beberapa pelanggaran fatal tersebut antara lain, tidak memakai helm, melawan arus, kelebihan muatan, dan kelengkapan kendaraan.Mengingat Operasi Patuh dilakukan pada saat pandemi Covid-19, jajaran Satlantas Polres Purworejo juga menggandeng Dinkes dan Satpol PP.

    “Dari Dinkes akan melakukan himbauan/sosialisasi tentang protokol kesehatan, dan dari Satpol PP akan merazia pengendara yang tak memakai masker,” sebutnya.

    Lebih lanjut ditegaskan bahwa menghadapi hari Raya Idul Adha yang jatuh pada tanggal 31 Juli 2020, Satlantas Polres Purworejo juga sudah mengantisipasi jika terjadi arus mudik. Pasalnya, pada libur lebaran Idul Fitri yang lalu tidak ada arus mudik dan dimungkinkan pada libur Idul Adha mulai Jumat (31/7) hingga Minggu (2/8) akan terjadi arus mudik dan arus balik.

    Selain jalur tengah, jalur selatan-selatan atau jalur Daendels juga menjadi titik konsentrasi pantauan. Hal itu mengingat Situasi jalan yang lurus, mulus dan adanya lampu penerangan, membuat jalur Daendels jadi alternatif utama selama arus mudik.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top