• Berita Terkini

    Jumat, 10 Juli 2020

    Pasien Positif Corona di Kebumen Jadi 45

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Jumlah pasien positif corona di Kabupaten Kebumen bertambah lagi. Hingga Kamis (9/7/2020), pasien positif covid-19 berjumlah 45 orang. Itu artinya ada penambahan dari jumlah kasus sebelumnya yang 44.

    Adanya penambahan jumlah pasien postif corona disampaikan Koordinator Bidang Hubungan Masyarakat Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen, Cokro Aminoto. "Hari ini pasien positif covid-19 bertambah 1 orang atasn anam FR usia 28 tahun, jenis kelamin laki-laki. Dengan demikian,  hingga saat ini pasien positif covid-19 tercatat 45 orang positif, 2 meninggal dunia, 7 orang dalam perawatan dan 36 sembuh," ujar Cokro dalam pers realease yang diterima koran ini kemarin.

    FR diektahui warga Kecamatan Kebumen. Saat ini ia bekerja di Halmahera Maluku. "Karena dinyatakan ada kasus positif di tempat kerjanya, FR lalu dipulangkan dan disuruh swab di RS Purbalingga," jelas Cokro.

    "FR pulang dari Maluku 09-06-2020 dan tidak ada riwayat pergi keluar Kabupaten Kebumen.  Kecuali pergi untuk swab di RS Purbalingga. Kondisi FR  OTG,  saat ini dirawat dan menjalani isolasi di RS DS Kebumen," imbuh Cokro.

    Berdasarkan riwayat kontak terakhir, FR diketahui bareng dengan rekan yang positif covid-1, 8 Juni 2020. Karena dalam perjalanan pulang, rombongan 5 orang  yang menggunakan pesawat carter tersebut, 2 orang diantaranya positif. Hasil pemeriksaan lab biomolekuler Rumah Sakit Pertamina Cilacap," imbuh Cokro.

    Adapun Orang Dengan Pemantauan (ODP), hingga Kamis (9/7), tercatat 3.280 orang. "3.115 orang diantaranya telah selesai pemantauan. Sedangkan 165 orang masih dalam pemantauan," ujar Cokro yang kemarin didampingi Kabag Humas, Eko Purwanto.

    Selain ODP, Pemkab juga melakukan pengawasan terhadap Pasien Dengan Pengawasan (PDP). Adapun PDP tercatat 276 orang. 21 meninggal dunia tanpa hasil lab.  Sedangkan PDP yang masih dalam pengawasan ada sebanyak  15 orang. Empat puluh lima telah selesai pengawasan. Sementara itu PDP dengan hasil lab negatif sebanyak 195 orang.  Di luar itu, ada jumlah pendatang hingga saat ini di kabupaten Kebumen tercatat 76.830 orang.

    Terkait dengan hal itu, Cokro meminta warga masyarakat dapat tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan pemerintah dan ditindaklanjuti dengan Peraturan Bupati Kebumen No. 29 tahun 2020 tentang Pencegahan Penularan covid-19 di Kabupaten Kebumen.

    Dalam Perbup disampaikan, masyarakat untuk menjaga jarak aman (1-2 meter), ketika berkomunikasi dengan orang lain. Kemudian, jika  keluar rumah, harus mengenakan masker. Lalu, tidak beraktivitas di luar, antara jam 22.00-04.00 WIB. Serta sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan bagi para pendatang untuk lapor RT/RW setempat.(cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top