• Berita Terkini

    Sabtu, 18 Juli 2020

    Mahasiswa KKN Ikut Perangi Covid-19 di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Penanggulangan covid-19 tak bisa hanya dilakukan pemerintah. Namun, partisipasi aktif seluruh elemen masyarakat juga sangat dibutuhkan. Tak terkecuali bagi kalangan mahasiswa.

    Itu juga yang dilakukan Ulya Zaen Cahyani, mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jurusan Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Ia yang menjalani program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Jatisari Kecamatan Kebumen itu juga gencar mengampanyekan upaya pencegahan Covid-19. Tak hanya langsung, Ulya Zaen Cahyani juga menggunakan metode daring.

    Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain memberikan sosialisasi door to door atau langsung kepada warga RT 02 Desa Jatisari tentang penggunaan masker yang baik dan benar serta mengedukasi terkait kebijakan new normal.

    Kemudian, pembagian masker kepada warga serta pemasangan poster di beberapa titik strategis menjadi bagian dari kegiatan yang dilakukan. "Selain itu juga memasang tempat cuci tangan di tempat yang berpotensi berkumpulnya orang seperti posyandu," ujarnya kemarin (17/7).

    Selain itu, Ulya juga memiliki program unggulan antara lain edukasi masyarakat luas melalui sosial media atau secara daring. Ulya membuat akun instagram sebagai platform edukasi yang dapat diakses oleh banyak orang dengan mensinergikan para mahasiswa Kebumen membentuk sebuah tim relawan dan mengadakan kuis serta seminar online.

    Kegiatan edukasi daring unggulan yang lain yaitu mengadakan webinar dengan narasumber Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen dr HA Dwi Budi Satrio MHKes dan DPL KKN Covid UNS Dr Suryadi Budi Utomo Msi. "Kegiatan ini bertujuan agar seluruh masyarakat mengetahui lebih banyak tentang bagaimana dampak dari Covid-19 dan penerapan new normal yang mulai diberlakukan di Kebumen," imbuh mahasiswi dengan NIM D0417058 tersebut.

    Sejauh ini, kegiatan KKN Covid UNS mendapat respon yang sangat baik dari warga setempat, RT, Kepala Desa, hingga Kepala Dinas Kesehatan yang juga Sekretaris atau Juru Bicara Gugus Covid Kabupaten Kebumen. Pelaksanaan KKN sendiri berlangsung mulai pada tanggal 2 Juni 2020 hingga 17 Juli 2020.(*/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top