• Berita Terkini

    Senin, 20 Juli 2020

    Klaster Pasar Suronegaran Purworejo Perlu Diatasi Intens

    PURWOREJO- Wilayah Kabupaten Purworejo yang kemarin sudah termasuk dalam daftar daerah rendah penularan covid di Jawa Tengah, saat sekarang harus prihatin karena muncul kembali penderita positif covid.

    Berdasar hasil swab pada Kamis (16/7/2020), terdapat 5 orang yang dinyatakan positif covid. Dan 3 orang diantaranya dari klater Pasar Suronegaran. Diharapkan klaster baru penularan covid-19 pasar suronegaran, agar segera diatasi secara intens.

    Semua elemen masyarakat di Kabupaten Purworejo, diminta supaya terus menerapkan disiplin diri utamanya dalam era new habit (aktifitas kebiasaan baru). Termasuk kelompok Lanjut Usia (Lansia) dan kelompok Bawah lima tahun (Balita), yang juga rentan tertular virus covid-19.

    “Karena itu, saya berharap kelompok Lansia bisa tetap berada dirumah supaya tidak tertular covid. Lansia ini bagian penting dari kelompok masyarakat Kabupaten Purworejo, yang harus dijaga kesehatannya,” tutur Wakil Bupati Purworejo, Yuli Hastuti.

    Secara terpisah juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Purworejo dr Tolkha Amaruddin MKes SpTHT menjelaskan, berdasar hasil swab pada Kamis (16/7) lalu, penambahan penderita positif covid berjumlah 5 orang.

    Terdiri 3 orang berasal dari klaster pasar suronegaran, serta 2 orang positif dari Kecamatan Gebang dan Kecamatan Purworejo. Sedangkan pada Minggu (19/7) terdapat penambahan positif covid sebanyak 1 orang dari Kecamatan Kaligesing.

    Disampaikan, untuk penanganan klaster Pasar Suronegaran maupun yang lain, sesuai arahan sudah diatasi. Antara lain pasar suronegaran sudah dilakukan penyemprotan, dan tracing (penelusuran) dari ke 6 orang yang positif covid.

    Lalu dilakukan tes swab pada Jumat dan Sabtu (18-19/7) dengan sasaran pegawai Rumah Sakit Permata sebanyak 66 orang, pegawai Rumah Sakit Panti waluyo 44 orang, warga Lugosobo 106 orang, warga Sindurjan 25 orang, warga Brenggong 7 orang, dan Puskesmas Butuh 40 orang.

    “Tes swab tersebut, baru akan diketahui hasilnya pada Kamis (24/7) mendatang. Untuk 6 orang positif covid sudah dilakukan perawatan yakni 2 orang dirawat di RSUD Dr Tjitrowardoyo Purworejo, dan 4 orang isolasi mandiri di rumah masing-masing,” jelas Tolkha.

    Sedangkan Senin (20/7) dilakukan tes swab terhadap anggota Polres Purworejo dan pasar suronegaran. Untuk anggota Polres dan instansi lain sebanyak 100 orang. Yakni 3 orang dari anggota 412,  3 orang dari RS yang kontak erat dengan pasien PDP, 7 orang kontak dengan pasien konfirmasi terakhir. Untuk pasar suronegaran tes swab dilakukan kepada 55 orang. Hasilnya akan keluar pada Sabtu (25/7) depan.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top