• Berita Terkini

    Selasa, 07 Juli 2020

    Gempa Jepara Dirasakan Warga Purworejo

    PURWOREJO- Gempa berkekuatan magnitudo 6,1 yang terjadi di wilayah Jepara, Jawa Tengah, dirasakan warga Purworejo. Warga merasakan guncangan gempa yang cukup kuat, sekitar pukul 06.00 WIB. Warga sempat panik dan berupaya keluar rumah.

    "Guncanganya teraca cukup kuat, namun berlangsung singkat. Kira-kira hanya berlangusng lima detik," ucap Tri Wibowo, warga Kelurahan Sindurjan, Kecamatan Purworejo.

    Diketahui BMKG melalui akun resminya melaporkan gempa itu terjadi pada Selasa (7/7/2020) pukul 05.54 WIB. Lokasi gempa berada di titik koordinat 6.12 lintang selatan dan 110.55 bujur timur.

    Gempa berpusat di laut dengan kedalaman 578 km. Sementara jarak gempa berada di 53 km arat barat laut Jepara. Meski demikian gempa tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

    Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Purworejo telah melakukan berbagai langkah persiapan untuk antisipasi bencana. Terlebih Kabupaten Purworejo termasuk zona merah wilayah yang rentan bencana. 

    "Menghadapi bencana kami sudah sangat siap, mulai dari biaya hingga personil dan fasilitas untuk menanggulangi bencana sudah siap. Karena kita kan hidup di daerah rentan bencana," kata Bupati Purworejo, Agus Bastian.

    Bupati mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir karena Bantuan Tak Terduga (BTT) masih tersedia serta BTT Covid-19 juga masih tersisa.

    "Saya selalu tegaskan kepada para kepala OPD agar siap menghadapi bencana. Anggaran, tenaga, peralatan semua harus disiapkan," lanjutnya.(ndi)




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top