• Berita Terkini

    Rabu, 01 Juli 2020

    Desa Sidogede Prembun Jadi Sasaran TMMD

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II tahun 2020 ini dilaksanakan di Desa Sidogede Prembun. Pembukaan TMMD Tahap II ini dilaksanakan oleh Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz, di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Selasa (30/6/2020). Pembukaan ditandai dengan penandatanganan berita acara pekerjaan antara Bupati Kebumen dan Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang.

    Acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Kepala Kejari Kebumen Slamet Riyanto dan Sekda Ahmad Ujang Sugiono.
    Dalam kesematan tersebut Dandim 0709 Kebumen Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang menyampaikan TMMD kali ini dipusatkan di Desa Sidogede Kecamatan Prembun.  TMMD dijadwalkan selama 30 hari. Yakni dimulai 30 Juni hingga 29 Juli 2020 mendatang. “Sasaran kegiatan TMMD ada kegiatan fisik dan nonfisik,” tuturnya.

    Beberapa kegiatan fisik yang dilakukan meliputi pembangunan jalan rabat beton sepanjang 854 meter dan lebar 3 meter. Kemudian, pembangunan 5 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH). "Sasaran non fisik antara lain penyuluhan bela negara, penyuluhan wawasan kebangsaan dan penyuluhan kesehatan. Khususnya terkait Covid-19," ungkapnya.
      Sementara itu Bupati H Yazid meminta pelaksanaan TMMD tetap memperhatikan protokol kesehatan. Menurutnya, pada masa pandemi seperti saat ini, bukan hal yang mudah menyelesaikan kegiatan dengan mengerahkan banyak orang.  "Dengan komitmen kuat antara Kodim 0709/Kebumen, bersama masyarakat  Desa Sidogede, mampu untuk melaksanakan kegiatan TMMD ini dengan baik, lancar, dan berhasil," katanya.

    Bupati juga mengemukakan masyarakat Desa Sidogede menyambut baik kegiatan TMMD ini yang sudah diawali dengan kegiatan pembangunan talud sepanjang 143 meter di lokasi kegiatan fisik. Bahkan pra TMMD pun telah dilaksanakan sejak 22 Juni 2020 lalu. Ini dengan pekerjaan pembangunan rabat beton yang bersumber dari APBDes  tahun anggaran 2020. "Ini menunjukkan rasa semangat memajukan desa dan semangat gotong royong antara masyarakat dan TNI secara nyata dapat terlihat dan kita rasakan," tegasnya.

    Setelah pembukaan, dilanjutkan tinjauan langsung ke lokasi TMMD di Desa Sidogede Kecamatan Prembun. Kunjungan lapangan tersebut dipimpin oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto. Hadir pada acara tinjauan itu Wakil Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto Ketua DPRD Kebumen H Sarimun, Sekda. H Ahmad Ujang Sugiyono, Kepala Dispermades  P3A Frans Haidar, Asisten 2 Pemda Kebumen Nugroho Tri Waluyo dan lainnya.

      Dalam acara tersebut juga dilaksanakan pengecoran secara simbolis oleh Wakil Bupati dan Ketua DPRD Kebumen.
    Wakil Bupati H Arif Sugiyanto menyampaikan mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh pihak TNI khususnya Anggota Kodim 0709/ Kebumen, yang dapat bermanunggal dengan masyarakat. Ini untuk bekerja walaupun medannya sangat susah dan benar-benar susah dengan Air. “Kami sangat mengapresiasi, ini medannya sangat susah dan sulit pula mencari air,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top