• Berita Terkini

    Kamis, 23 Juli 2020

    Desa Kepuh Purworejo Miliki Pompa Irigasi Kekinian

    PURWOREJO- Inovasi pertanian berupa prasarana (sarpras) pompa air irigasi dilakukan masyarakat Desa Kepuh, Kecamatan Kutoarjo. Pompa air ini berteknologi terkini, karena dapat dioperasikan hanya menggunakan HP android.

    Pembangunan sarpras dua pompa irigasi senilai Rp 165 juta ini bertujuan mempermudah petani dalam mendapatkan air untuk mengairi sawah. Para petani selama ini kesulitan mendapatkan air ketika musim penghujan yang datangnya tidak menentu.

    Nantinya petani hanya dikenakan biaya Rp 5000 saja untuk mendapatkan air selama satu jam. Satu pompa air ini dapat mengeluarkan air 8-10 liter perdetik. Ini dinilai lebih efisien jika dibanding petani harus menyewa pompa air secara mandiri.

    "Ini merupakan inovasi yang cukup baik, diharapkan dengan adanya pompa air ini para petani dapat terbantu dalam pemenuhan kebutuhan air. Harapannya kedepan hasil panen dapat lebih baik lagi," kata Bupati Purworejo Agus Batian usai meresmikan pompa irigasi tersebut, kemarin.

    Pada kunjungan itu, Bupati juga melakukan sosialisasi aktifitas kebiasaan baru (new habit). Lonjakan terkonfirmasi positif Covid-19 yang beberapa hari ini terjadi, membuat Pemkab Purworejo terus melakukan sosialisasi ke sejumlah wilayah di Purworejo.

    Selain itu para pemangku kepentingan didesa juga diminta untuk mendorong para pelaku UMKM agar terus berkembang, ditengah ancaman resesi ekonomi didunia akibat pandemi Covid-19.

    "Kedepan kita akan meningkatkan daya saing Purworejo untuk memasuki dunia global. Kewajiban kita bersama mendorong warga masyarakat untuk meningkatkan kemampuannya. Misal BUMDes membuat usaha diluar usaha yang telah dilakukan warganya, agar tidak mengganggu usaha warga yang telah berjalan," terangnya.

    Pada kunjungan itu, Bupati juga meresmikan jalan lingkungan Sindupaten, Kedaleman dan Pakem di Desa Pringgowijayan sepanjang 817 meter yang dibuat dari rabat beton dengan menggunakan anggaran desa. Bupati juga meresmikan Rumah Joglo "Paseban Gondo Arum" di Desa Wirun.(ndi)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top