• Berita Terkini

    Jumat, 10 Juli 2020

    Depo Arsip Kebumen Kembali Dibuka untuk Umum

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pemkab Kebumen memutuskan membuka kembali Depo Arsip di Jalan Cendrawasih Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, yang sebelumnya ditutup akibat pandemi Covid-19. Mulai Jumat ( (10/7/2020), depo arsip dapat diakses masyarakat umum.

    Hal itu disampaikan Bupati Kebumen KH Yazid Mahfudz saat mengunjungi Depo Arsip di Jalan Cendrawasih Kelurahan Panjer, Kecamatan Kebumen, Jumat (10/7). Kunjungan  dalam rangkaian Gowes Wisata Arsip  menandai tempat itu boleh dikunjungi oleh masyarakat umum.

    Sebelum sampai di Depo Arsip , Bupati bersama para ASN di lingkungan Pemkab Kebumen melakukan gowes bersama. Gowes mengambil  rute Halaman Setda - Jalan HM Sarbini - Jalan Tentara Pelajar - Jalan Kutoarjo  hingga Pasar Selang. Kemudian, Jalan Cendrawasih dan  finish di Depo Arsip.

    Turut mendampingi Bupati, Sekda Ahmad Ujang Sugiono, Para Asisten Sekda, Staf Ahlli Bupati, para pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Kebumen.  "Depo Arsip ini sangat penting. Karena data perkembangan Kebumen dari masa ke masa ada disini," kata Yazid Mahfudz, disela-sela kunjungannya.

    Bupati menegaskan, Depo Arsip yang dikelola oleh Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kabupaten Kebumen terbuka untuk umum.  "Masyarakat yang ingin tau tentang Kebumen datang saja ke Depo Arsip," ujarnya.

    Kepala Disarpus Kebumen, Anna Ratnawati, menjelaskan Depo Arsip ini pusat arsip untuk semua data apapun di Kebumen. Berkas atau arsip apapun tertata rapih pada tempatnya. Sehingga mudah untuk mencarinya saat dibutuhkan oleh siapapun, baik masyarakat umum maupun OPD.

    "Kami akan terus berbenah untuk memberi pelayanan terbaik. Ada 14 tenaga kearsipan di Depo Arsip ini yang selalu siap memberi pelayanan terbaik buat masyarakat maupun OPD," tegasnya.

    Depo Arsip ini memiliki lahan sekitar 1000 meter lebih. Terbagi menjadi 2 bangunan utama dengan memiliki 11 ruangan. Adapun 11 ruangan tersebut adalah ruang alih media, pengolahan data, arsip in-aktif, arsip statis, audio  visual, pelayanan, pameran, preservasi, transit, sekretarian dan ruang baca.

    Menurutnya, keberadaan Depo Arsip bisa menjadi bagian dari catatan sejarah Kabupaten Kebumen.  Ditempat ini  ada ruang khazanah atau pameran yang menampilkan ragam benda sejarah, seni budaya, foto para tokoh nasional maupun kabupaten, serta lainnya.

    "Di ruang pameran ini dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan tentang Kebumen," terangnya.

    Selain bisa berkunjung langsung ke Depo Arsip,  pusat kearsipan Kebumen juga bisa diakses dengan mudah melalui aplikasi Si Artis Buka Wajah (sistem arsip statis membuka wawasan dan sejarah). Aplikasi ini untuk  layanan masyarakat umum. Kemudian, aplikasi SIKD (sistem informasi kearsipan dinamis) untuk layanan OPD.(

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top