• Berita Terkini

    Rabu, 01 Juli 2020

    Delapan Warga Kebumen Dapat SIM Khusus di Peringatan HUT Bhayangkara


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Delapan orang warga Kabupaten Kebumen mendapatkan "hadiah" istimewa dari Polres Kebumen. Kedelapan warga itu mendapat Surat Izin Mengemudi (SIM) "khusus" karena mereka lahir bertepatan dengan Hari Bhayangkara yang jatuh setiap  1 Juli.

    Penyerahan SIM dilakukan langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Kasat Lantas Polres Kebumen AKP Muh Rikha Zulkarnain di lobi Mapolres sebelum pelaksanaan upacara hari Bhayangkara ke 74, dari Polres Kebumen, Rabu (1/7/2020).

    "Warga masyarakat yang mendapatkan SIM khusus adalah mereka yang lahir pada tanggal 1 Juli, seperti hari Bhayangkara," jelas AKBP Rudy.
    Saat disinggung mengenai SIM gratis, Kapolres mengungkapkan sebenarnya tidak gratis.  Karena penerbitan SIM kaitannya dengan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Dengan kata lain, PNBP tetap dibayarkan.

    Bertepatan dengan hari Bhayangkara, Bank BRI memberikan bantuan sponsor pembayaran PNBP penerbitan SIM kepada warga yang tanggal lahirnya tepat 1 Juli seperti hari Bhayangkara.  "Tentunya para warga yang mendapatkan SIM khusus ini, harus mengikuti test bagi pemohon baru. Selanjutnya untuk yang perpanjangan SIM, tidak perlu test lagi," jelas AKBP Rudy.

    Kasat Lantas AKP Muh Rikha Zulkarnain berharap para penerima SIM khusus untuk tetap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas. "Kami berharap, masyarakat tetap menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas, selanjutnya tertib di jalan dan utamakan keselamatan," pungkas Kasat Lantas.

    Salah satu penerima SIM khusus, Alfitri Ainur (23) warga Desa Gunungmujil Kecamatan Kuwarasan mengaku senang bisa ikut program SIM khusus itu. "Sebelumnya kami ucapkan selamat Hari Bhayangkara ke 74. Terimakasih karena program ini saya bisa mendapatkan SIM gratis," katanya.


    Sementara itu, ada yang berbeda dengan puncak peringatan Hari Bhayangkara ke 74 yang berlangsung kemarin.  Karena masih dalam situasi Pandemi Virus Corona Covid-19, pelaksanaan Upacara Hari Bhayangkara ke 74 dilakukan secara virtual.

    Pada kesempatannya Upacara Hari Bhayangkara ke-74 dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melalui Istana Negara Jakarta.  Pelaksanaan Upacara Hari Bhayangkara ke 74  Polres Kebumen digelar di Gedung Tribrata Polres Kebumen dan dihadiri oleh Kapolres  Waka Polres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko, para Kabag Polres Kebumen serta Forkompimda Kabupaten Kebumen. "Alhamdulillah, upacara serta rangkaian kegiatan Hari Bhayangkara ke 74 berjalan lancar," ucap Kapolres Kebumen AKBP Rudy seusai upacara.

    Peringatan Hari Bhayangkara ke 74, Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”.

    Terpisah, Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, tak lupa mengucapkan selamat Hari Bhayangkara bagi Polri, khususnya Polres Kebumen. Arif berharap sinergitas antara Pemerintah Daerah, TNI, Polri, serta unsur lainnya dapat berjalan dengan baik terutama dalam situasi pandemi covid-19 ini.

    "Alhamdulillah Kabupaten Kebumen sempat mengalami zero Covid-19, hal tersebut merupakan kerja keras bersama dan sinergitas yang baik. Semoga dengan situasi kondusif masyarakat dalam menjalankan usaha, perekonomian, serta kegiatan kemasyarakatan lainnya dapat kembali berjalan dengan baik,” ungkap Wakil Bupati yang juga mantan anggota Brimob tersebut.(win/fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top