• Berita Terkini

    Minggu, 19 Juli 2020

    Coklit Pilkada Kebumen Digelar Serentak

    KEBUMENkebumenekspres.com)- Proses penyusunan daftar pemilih mempunyai arti krusial sebagai tahap awal mewujudkan pemilihan yang berkualitas. Salah satu prasyarat terwujudnya pemilihan yang demokratis yakni terjaminnya hak suara bagi warga negara yang sudah memenuhi syarat sebagai pemilih.

    Untuk itu KPU Kebumen menggelar tahapan pencocokan dan penelitian (coklit). Ini dilaksanakan oleh Petugas Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP). Coklit juga dilaksakan sebagai upaya mewujudkan pemilihan yang berkualitas.

    Tahapan coklit oleh petugas PPDP yang dilaksanakan pada 15 Juli hingga 13 Agustus 2020. Ini menjadi langkah awal dalam penjaminan hak pilih masyarakat. Hasil dari kegiatan coklit ini nantinya akan direkapitulasi dan diujipublikkan sebelum ditetapkan sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang dijadwalkan pada 9-16 oktober 2020 mendatang. “Sukseskan coklit yang merupakan langkah awal dalam penjaminan hak pilih masyarakat,” tutur Ketua KPU Kebumen Yulianto,” Minggu (19/7).

    Dijelaskannya, selain itu terdapat pula Gerakan Klik Serentak (GKS) pada 15 Juli 2020 lalu. Ini sebagai anjuran untuk cek mandiri dengan mengakses situs lindungihakpilihmu.kpu.go.id. Dalam hal ini KPU Kebumen juga mencanangkan Gerakan Coklit Serentak (GCS) yang dilaksanakan pada Sabtu (18/7) kemarin.
    “Secara simbolis GCS dilakukan dengan mencoklit lima pejabat publik. Ini meliputi Bupati, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Ketua DPRD dan Ketua MUI serta tiga orang tokoh masyarakat di tingkat TPS, sesuai wilayah masing-masing,” katanya.

    KPU juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut aktif menyukseskan kegiatan coklit tersebut. Ini dapat dilaksanakan dengan menyediakan waktu dan data yang dibutuhkan oleh petugas PPDP. KPU juga memastikan bahwa proses kegiatan coklit ini telah mematuhi protokol kesehatan covid-19.

    Sebagaimana diberitakan sebelumnya, seluruh petugas PPDP telah menjalani rapid test dan dibekali dengan Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai. “Kami berharap dengan Gerakan Coklit Serentak (GCS) ini akan terbangun informasi dan sosialisasi yang masif demi suksesnya Pilbup Kebumen 2020. Pemilu resik kebumen apik,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top