• Berita Terkini

    Selasa, 07 Juli 2020

    100 Relawan PMI Kebumen Jalani Rapid Test

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 100 relawan, staf, karyawan dan pengurus PMI Kebumen menjalani rapid test di Markas PMI Kebumen, Selasa (7/7/2020). Tes diagnosis cepat itu untuk mencegah penyebaran COVID-19.

    Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto mengatakan, rapid test ini untuk mendeteksi dini seligus mencegah penularan Covid-19, khususnya di kalangan relawan, staf, karyawan maupun pengurus PMI Kebumen dimana mereka sejak awal telah terjun langsung membantu Gugus Tugas menangani Covid-19.

    "Ini merupakan rangkaian pencegahan penanggulangan COVID-19. Dengan adanya rapid test ini untuk menimbulkan rasa aman, nyaman kepada seluruh petugas dan relawan PMI dalam menangani COVID-19," kata Sabar diampingi Pengurus PMI Kebumen, Muhsinun.

    Ia menjelaskan rapid tes itu dilakukan oleh petugas mandiri yakni karyawan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kebumen. Adapun pengambilan sample darah sebagai uji rapit menggunakan darah luar. Sebelum menjalani rapites peserta mengisi biodata pribadi dan menuliskan riwayat perjalanan. "Untuk petugas kami melibatkan petugas donor darah UDD PMI Kebumen," katanya.

    Sementara itu, Kepala Markas PMI Kebumen, Eko Purwanto mengatakan, dari hasil rapid te4st kemarin hasilnya negatif. Meski begitu ia menghimbau relawan, staf dan karyawan untuk tetap menjaga diri dengan selalu memakai protokol kesehatan dan APD saat bertugas.

    "Alhamdulilah semuanya Negatif (Non Reaktif). Tapi kami himbau kepada temen-temen semua baik relawan dan karyawan untuk tetap menjaga kesehatan dan memakai protokol dan APD saat bertugas baik di kantor maupun di lapangan," ujarnya.

    Sejauh ini, PMI Kebumen dalam penanganan Covid-19 telah menjadi pioner gerakan spraying disinfektan serta pembagian dan distribusi sembako kepada masyarakat tedampak Covid-19. Tak hanya itu PMI Kebumen juga melayani ambulan dan pemulasaraan jenazah diagnosis Covid-19. "Kedepan kami tetap membantu pemerintah dalam hal ini Gugus Tugas Covid-19, kami siap kapanpun untuk membantu kemanusiaan," tambah Eko. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top