• Berita Terkini

    Rabu, 03 Juni 2020

    Sempat Vakum Akibat Covid-19, Masjid Agung Kembali Gelar Jumatan

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- -Penutupan masjid yang dilaksanakan guna mencegah penyebaran virus corona tersebut, kini mulai dihentikan. Masjid-masjid akan kembali dibuka untuk kegiatan Sholat Jumat dan lainnya. Adapun Sholat Jumat akan kembali dilaksanakan, kecuali bagi daerah zona merah.Ketua Bidang Kemasjidan, Yayasan Masjid Agung Kauman Kebumen Moh Dawamuddin Masdar menyampaikan Masjid Agung Kauman Kebumen juga telah dibuka sejak, Senin (1/6) lalu untuk kegiatan Shalat Rawatib Berjamaah.

    Adapun Jumat besok (5/6/2020)  merupakan kali pertama Masjid Agung Kebumen kembali melaksanakan Sholat Jumat, tepatnya sejak ditutup pada 27 Maret 2020 lalu. “Kami telah mengaktifkan kembali Kegiatan Shalat Rawatib Berjamaah dengan tetap menerapkan protokoler kesehatan. Ini seperti seperti jamaah harus pakai masker, harus cuci tangan dan tidak saling bersalaman. Setelah itu segera pulang ke rumah setelah selesai salat berjamaah,” tuturnya.

    Dijelaskannya, di Masjid Agung Kauman Kebumen untuk jarak antar jamaah sudah dikasih tanda. Ini menggunakan lakban. Sehingga jamaah dapat mengetahuhi secara pasti tepat yang telah dipersiapkan untuk menjalankan sholat. “Dasar pengaktifan kembali adalah Surat Edaran Menteri Agama RI Tahun, tertanggal 29 Mei 2020,” jelasnya.

    Meski telah dibuka, lanjut Moh Dawamuddin, sebenarnya jamaah juga dibatasi. Artinya hanya jamaah yang  biasa di Majid Agung Kauman Kebumen yang diutamakan. Untuk itu Dawam meminta bagi warga umum yang selama ini belum sering berjamaah di Masjid Agung Kauman Kebumen sementara untuk tidak melakukan dulu. “Oleh karena itusaya minta bagi warga luar, untuk sementara jangan berjamaah di Masjid Agung Keuman Kebumen dulu. Untuk Jumat besok juga jumatan pertama kali sejak Jumat 27 Maret 2020 lalu, ditutup untuk melaksanakan Sholat Jumat,” tegasnya.

    Dawamuddin juga menegaskan, di samping berdasarkan Surat Edaran Menag, pembukaan Masjid Agung Kauman Kebumen juga untuk mempertimbangkan perkembangan Covid- 19 yang kini sudah stagnan. Selain itu juga ada pemetaan zona merah, kuning dan hijau. “Secara resmi Pengaktifan kembali Masjid Agung Kebumen, juga mengirim surat pemberitahuan kepada Bupati Kebumen,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top