• Berita Terkini

    Selasa, 23 Juni 2020

    Persiapan New Normal, Kebumen Sabet Juara 2

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Meski tengah menghadapi Pandemi Corona, namun prestasi cukup gemilang berhasil diraih oleh pemerintah kebupaten berselogan Beriman. Dalam lomba Inovasi Daerah tentang penyiapan new normal atau tatanan normal baru produktif dan aman tingkat nasional, Kebumen berhasil meraih juara  2. Lomba sendiri merupakan gagasan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

    Hal tersebut diumumkan saat acara penganugerahan lomba inovasi daerah dalam rangka penyiapan tatanan normal baru produktif dan aman Covid-19 secara virtual melalui Zoom Meeting, Senin (22/6/2020). Kegiatan diikuti oleh Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono di ruang Arumbinang Komplek Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen.

    Hadir mendampingi Asisten 2 Sekda Nugroho Tri Waluyo, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Cokro Aminoto, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda) Ir Pudjirahayu, Kepala Disporawisata Azam Fatoni, Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda) Mahmud Fauzi dan sejumlah OPD lainnya.

    Lomba terbagi dalam empat cluster. Ini meliputi provinsi, kabupaten, kota dan kabupaten tertinggal dengan tujuh sektor yang dilombakan. Adapun tujuh sektor tersebut yakni sektor pasar tradisional, restoran, hotel, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), tempat wisata, dan transportasi umum.

    Dalam perlombaan tersebut, Kabupaten Kebumen masuk dalam cluster kabupaten dan berhasil memboyong juara 2 untuk dua inovasi yakni hotel dan pasar modern. Kebumen berhasil menyisihkan video inovasi dari 353 kabupaten lain di Indonesia.

    Untuk sektor hotel, Kebumen unggul atas Kabupaten Sintang yang meraih juara 1, namun masih di bawah Kabupaten Trenggalek yang berhasil menjadi juara 1. Atas keberhasilan ini, Kebumen berhak mendapatkan penghargaan berupa piagam dan insentif dalam bentuk Dana Insentif Daerah (DID) sebesar Rp 2 miliar.  "Dari 2.517 video yang dikirimkan oleh 353 kabupaten/kota, kita mendapatakan juara 2. Ini tentunya merupakan suatu prestasi yang luar biasa," jelas Sekda Kabupaten Kebumen Ahmad Ujang Sugiono.

    Sementara itu, Bupati Kebumen Yazid Mahfudz mengungkapkan keberhasilan ini tentu menjadi kebanggan dan menjadi cambuk untuk terus meninkatkan semangat untuk ke arah yang lebih baik di era new normal. Disisi lain, dimasa pandemi yang akan masuk tatanan kehidupan baru tentu seluruh sektor harus mampu untuk produktif. Tidak lupa, Yazid pun mengapresiasi kinerja jajaran pemerintah daerah, petugas medis, relawan maupun masyarakat. "Kami ucapan terimakasih kepada masyarakat terutama petugas kesehatan, relawan dan gugus tugas," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top