• Berita Terkini

    Selasa, 16 Juni 2020

    Perempuan Adiluhur Kembangkan "Telang"

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Menarik melihat apa yang dilakukan kaum perempuan di Desa  Adiluhur Kecamatan Adimulyo ini. Mereka kini tengah berupaya mengolah bunga telang yang selama ini hanya dibiarkan liar di pekarangan atau di tepi jalan.

    Dalam hal ini, kaum perempuan yang tergabung dalam PKK Kecamatan Adimulyo tersebut membuat aneka makanan dan minuman, di taman Reptil Adiluhur, Senin (15/6/2020). Sejumlah kegiatan turut mewarnai seperti  senam bersama dan pemotongan tumpeng.

    Ketua PKK Kecamatan Adimulyo Retno Ariyantie, mengatakan, kegiatan kemarin sekaligus dalam rangka menyambut acara Festival Desa Wisata yang rencananya akan digelar di Desa Adiluhur Kecamatan Adimulyo pada tahun 2021 mendatang. Khusus untuk bunga telang, kata Retno, dalam rangka mengajak anggotanya untuk terus melakukan inovasi baru. Dengan harapan kedepan bisa menjadi sentra produksi olahan bunga tersebut.

    "Dikumpulkan ibu ibu PKK hari ini agar mereka kembali pada rutinitasnya untuk mewujudkan kampung wisata telang,"  ucap Retno.

    Di sisi lain, Retno menambahkan, pihaknya sangat bersyukur dipercaya menggelar  Festival Desa Wisata pada 2021 mendatang. Kepercayaan ini tak lepas dari keberhasilan Desa Adiluhur meraih juara festival Desa wisata se-Jawa tengah dalam Kategori produk unggulan makanan dan minnuman terbaik.

    "Kesuksesan tersebut tentu tak terlepas dari kerjasama ibu ibu PKK dari 2 desa yaitu Meles dan Adiluhur," imbuhnya.

    Semntara itu salah satu penggagas olahan bunga telang, Azizah Naeni mengatakan, bunga telang dapat dimanfaatkan untuk membuat minuman sirup dan minuman squash, dan milkshake.

    Telang juga dapat dimanfaatkan sebagai pewarna alami. Dirinya berharap dengan bertambahnya produk dari olahan bunga tersebut sehingga akan memberikan manfaat bagi warga masyarakat. "Semoga dengan banyaknya produk bunga telang, perokonomian masyarakata juga akan meningkat," ujar dia. (*)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top