• Berita Terkini

    Senin, 01 Juni 2020

    Pasien Positif Tinggal Tiga, Kebumen Optimis Tatap "New Normal"

    KEBUMEN (kebumenekspres.om)- Perkembangan terakhir penanganan virus covid-19 di Kebumen menunjukkan sinyal positif. Setidaknya ini terlihat dari trend tingkat kesembuhan pasien covid-19 yang mengalami peningkatan.

    Hingga kemarin, tersisa  tiga orang  yang positif corona dan masih menjalani perawatan intensi di rumah sakit. Ini tentu melegakan bila dibanding data sebelumnya, yang terdapat  34 orang positif corona dan dua meninggal dunia. Dari total jumlah kasus tersebut, 29 lainnya dinyatakan sembuh. Praktis kini tersisa tiga orang yang masih dalam perawatan medis.

    Perkembangan ini bahkan membuat Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz sepertinya sangat optimis penanganan corona di Kebumen akan segera tuntas. Dan, menurut Bupati, Kebumen saat ini bisa disebut sudah memasuki fase "new normal" seperti digaungkan pemerintah pusat.

    “Kita  sudah laksanakan new normal life, toserba, pasar, tempat keramaian sudah diedukasi untuk pakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak dan lain sebagainya. Ke depan kita siapkan di sekolah, pesantren sesuai dengan protokol kesehatan,” ucapnya.

    Sementara itu, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Kebumen Cokro Aminoto mengemukakan tiga kasus sembuh terbaru yaitu pasien perempuan berinisial WABR berusia 27 tahun. Dua pasien lain merupakan laki-laki berinisial FER dan SUT. ODP tercatat 2.938 orang 176 orang masih dalam pemantauan. PDP tercatat 186 orang dengan yang masih dalam pengawasan ada sebanyak 12 orang.

    "Hasil swab positif terbaru adalah pasien laki-laki berinisial TRI yang merupakan rujukan laboratorium RS PKU Muhammadiyah Kutowinangun. Merupakan hasil laboratorium ulangan terhadap pasien yang sebelumnya sudah dinyatakan positif sehingga tidak ada penambahan kasus," tuturnya didampingi Humas Gugus Tugas Eko Purwanto, Senin (1/5/2020).

    Adapun berdasarkan data yang rilis Pemkab Kebumen, ketiga pasien positif yang masih menjalani perawatan tersbeut berada di rumah sakit yang berbeda. Pertama yakni pasien perempuan berinisial LT 79 tahun asal Kebumen yang dirawat di Yogyakarta. Kedua yaitu pasien laki-laki berinisial TRI 38 tahun di PKU Muhammadiyah Kutowinangun dan perempuan berinisial UK di PKU Muhammadiyah Petahanan.

    Cokro menambahkan, kabar baiknya jumlah PDP dengan hasil negatif terus bertambah menjadi 135 orang. Sedangkan hari ini PDP dengan hasil lab negatif, bertambah 6 orang, yaitu laki-laki berinisial BW 48 tahun, MS berusia 69 tahun, ST 38 tahun, SUT 45 tahun. Sedangkan dua pasien lain berjenis kelamin perempuan berinisial WER berusia 73 tahun dan DTU 25 tahun.

    "Kami meminta kepada masyarakat untuk tinggal di rumah atau tidak melakukan kumpul-kumpul dengan orang banyak, physical distancing, mengenakan masker, tidak beraktivitas di luar, antara jam 22.00 - 04.00 WIB, sering cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir dan bagi para pendatang untuk lapor RT/RW setempat," tandasnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top