• Berita Terkini

    Selasa, 09 Juni 2020

    New Normal Pulihkan Ekonomi Masyarakat

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Meski Pandemi Corona berdampak di semua bidang, namun secara garis besar sangat terasa pada kesehatan dan perekonomian. Untuk mencegah penularan memerintah mengadakan program PSBB dan masyarakat diharapkan di rumah saja. Hal ini berdampak nyata pada perekonomian masyarakat.

    Adanya new  normal ini diharapkan dapat memulihkan kembali perekonomian. Sebab dunia perekonomian akan berkembang saat ada aktifitas manusia. New normal merupakan kenormalan baru dimana masyarakat tetap menjalankan rutinitas sehari-hari dengan menggunakan standar protokol kesehatan. Yakni mencuci tangan dan menggunakan masker.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Saiful Hadi menyampaikan Bagi PDI Perjuangan Juni merupakan Bulan Bung Karno (Soekarno). Sebab di bulan itulah Bung Karno mempidatokan Pancasila sehinga dijadikan lahirnya Pancasila di Bulan Juni yakni 1 Juni 1945. Bulan Juni juga menjadi kelahiran bagi Soekarno yang merupakan Bapak Proklamator Indonesia yakni 6 Juni 1901. Selain itu Putra Sang Fajar ini juga meninggal pada bulan Juni yakni 21 Juni 1970. “Untuk itulah Juni bagi PDI Perjuangan adalah Bulan Soekarno,” tuturnya, pada acara dialog interaktif dengan kalangan media di Kebumen, Selasa (9/6/2020).

    Acara juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kebumen Sarimun, serta Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Bidang Pemberdayaan Perempuan Kesehatan Ristawati Purwaningsih yang juga merupakan Calon Wakil Bupati Kebumen.

    Saiful Hadi menyampaikan terdapat dua dampak besar akibat pandemi corona. Pada dunia kesehatan, berkaitan dengan masyarakat yang terinfeksi memerlukan perawatan dan risiko meninggal dunia. Untuk itu kebijakan yang dilakukan pemerintah untuk mencegah penularan yakni dengan melakukan pembatasan sosial. Selain itu masyarakat juga diminta tidak keluar rumah kecuali ada kepentingan yang sangat mendesak. “Semua itu harus dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkapnya.

    Disisi lain adanya pembatasan juga membuat aktifitas masyarakat berkurang. Hal ini berdampak nyata pada kegiatan ekonomi. Jika terus dilakukan juga dapat berbahaya. Dimana kini “lonceng alarm ekonomi” sudah berbunyi. Kebjakan yang tepat yakni new normal dimana masyarakat tetap menjaga kesehatan, namun tetap melakukan aktifitas. “PDI Perjuangan sangat mendukung penuh program new normal. Ini sangat penting untuk menyelamatkan kesehatan dan perekonomian,” ungkapnya.

    Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kebumen Bidang Pemberdayaan Perempuan Kesehatan Ristawati Purwaningsih menyampaikan banyak hal yang telah dilakukan oleh PDI Perjuangan. Ini mulai dari penyemprotan, memberikan bantuan hingga melaksanakan sosialiasi. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top