• Berita Terkini

    Jumat, 05 Juni 2020

    Kajari Kebumen Pindah Tugas

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Setelah menjabat tiga tahun lebih sebagai Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kebumen, kini H Erry Pudyanto Marwantono SH MH akan pindah tugas. Erry akan menjabat sebagai Asisten Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Tinggi Daerah Istimewa Yogyakarya (DIY).

    Direncanakan pelantikan akan dilaksanakan pada 9 Juni mendatang. Adapun yang akan menggantikannya di Kebumen yakni Slamet Riyanto SH MH yang sebelumnya menjabat sebagai Kajari di Kapuas Hulu Kalimantan Barat. Adapun acara serah terima jabatan (Sertijab) dijadwalkan akan dilaksanakan pada 11 Juni mendatang di Kejati Jawa Tengah. H Erry Pudyanto Marwantono sendiri menjabat sebagai Kajari Kebumen sejak Februari 2017 hingga 8 Juni 2020.

    Selama menjabat di Kebumen dari kurun waktu Februari 2017 hingga Juni 2020 itu, Kajari Erry telah menyelesaikan dan mengeksekusi sebanyak 1.007 perkara pidana. Kesemua perkara tersebut dapat dibuktikan di pengadilan. Selain itu seluruh terdakwa serta barang buktinya telah dieksekusi.

    Untuk perkara korupsi dalam kurun waktu tersebut sedikitnya telah menangani 10 perkara. Kesemua perkara juga dapat dibuktikan dan dieksekusi pelaku maupun barang buktinya. Bagian tindak pidana khusus juga telah mampu mengembalikan keuangan negara kurang lebih Rp 1 miliar.

    Selain itu Kejaksaan Negeri Kebumen dibawah pimpinan H Erry Pudyanto dalam Tim Pengawal Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan (TP4), juga telah melakukan pendampingan puluhan proyek. Pada tahun 2018,TP4D mampu mendorong pengguna anggaran untuk melakukan penghematan sampai dengan Rp 53 milyar. Adapun di bidang penyuluhan hukum Kajari Erry juga telah dilaksanakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) dan Jaksa Menyapa.

    “Saat ini Kejaksaan Negeri Kebumen sedang melakukan pendampingan terhadap penggunaan anggaran terkait covid 19 dan ikut mengawasi penyaluran bantuan ke masyarakat. Perdata dan tata usaha juga telah melakukan MoU dengan beberapa instansi dalam kapasitas sebagai Jaksa Pengacara Negara. Ini meliputi  BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Pemda dan lainnya. Bagian perdata dan tata usaha negara juga  telah melakukan pemulihan keuangan negara kurang lebih senilai Rp 1 milyar,” tegas Kajari Erry, Jumat (5/6).

    Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz menyampaikan terima kasih atas kerjasama dan kordinasinya Kajari Erry selama menjabat di Kebumen.

    Sementara itu Wakil Bupati Kebumen H Arif Suiyanto SH menyampaikan Selamat Bertugas kepada Kajari Erry Pudyantono Marwantono SH MH sebagai Aspidsus Kejaksaan DIY. Wabup H Arif juga mengucapkan selamat datang kepada Kajari Kebumen yang baru Slamet Riyanto SH MH. Semoga sinergitas dan komunikasi akan terjalin dengan baik agar Kebumen lebih maju dan sejahtera. “Kami merasa kehilangan, semoga sukses dalam berkarir. Tentu kami melihat kontribusinya H Erry sebagai Kajari Kebumen dalam pembangunan cukup baik dan turut aktif dalam kegiatan untuk masyarakat Kebumen,” katanya.

    Hal senada juga disampaikan oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan. Menurutnya, Kajari Erry merupakan sosok senior di Forkominda. Selain itu pihaknya juga bisa mengayomi, suka bercanda dan supel. Selain itu Kajari Erry juga sosok yang sangat profesional dalam menegakkan hukum dengan memahami kearifan lokal. "Sebagai sosok senior pihaknya dapat bekerjasama dengan semua elemen. Semoga Kajari yang baru nantinya daoat mempertahankan apa yang sudah baik dan meningkatkan menjadi lebih baik lagi,"ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top