• Berita Terkini

    Minggu, 07 Juni 2020

    Jadi yang Pertama di Kebumen, SMA N 2 Buka Kelas Khusus Olahraga

    Basir Spd Mpd
    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- SMA N 2 Kebumen  membuka kelas khusus olahraga (KKO) pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini. Dengan demikian, SMAN 2 Kebumen menjadi sekolah pertama yang melakukannya di Kabupaten Kebumen.

    Proses penerimaan siswa kelas Khusus Olahraga (KKO) ini akan segera dibuka, mulai  (8/6) hingga Selasa (9/6/2020). Diawali dengan seleksi administrasi, mengumpulkan fotokopi rapor semester 1 sampai 5, SK keterangan lulus dari SMP. Nantinya, kelas khusus olahraga ini akan menerima satu kelas atau rombongan belajar (Rombel) dengan kuota 36 kursi.

    Kepala SMA N 2 Kebumen, Basir SPd MPd, Jumat (4/6/2020)  mengatakan, kelas khusus olahraga ini disediakan bagi siswa baru yang memiliki talenta di bidang olahraga untuk diproyeksikan menjadi sumber atlet bagi Kabupaten Kebumen.

    "Pendaftaran kelas KKO melalui Dalam Jaraingan (Daring). Selain itu, para calona anak didik juga bisa mendaftar melalui sertifikat, piagam dan surat keterangan dari sekolah asal," ujarnya, kemarin.

    Ia menambahkan, siswa yang masuk selekasi akan melalui seleksi terlebih dahulu dan dilakukan secara offline. Setelah seleksi administrasi, lantas dilanjutkan dengan tes fisik keolahragaan selama dua hari tanggal 10-11 Juni dilanjutkan psikotes tanggal 12 Juni dan pengumuman 15 Juni.  "Calon siswa datang ke sekolah untuk mendaftar dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan juga akan melalui tes fisik dan bakat olahraga," imbuh Basir.

    Dalam proses pembelajarannya, masih kata Basir, para siswa tidak hanya pelajaran olahraga tapi juga mata pelajaran lain seperti siswa jurusan reguler lainnya.
    "Hanya tambahan pelajaran olahraganya diperbanyak. Nanti untuk olahraganya bisa dimasukkan jam pagi atau sore. Untuk cabang olahraga unggulan yang akan dibuka nanti futsal, atletik, pencak silat, dan beberapa cabor prestasi lainnya,” ujarnya.

    Calon siswa yang lolos nantinya tidak hanya diumumkan di sekolah tapi juga di website PPDB Provinsi. Mereka yang diterima tidak bisa lagi mendaftar di jurusan reguler, sedang yang gagal diterima, berhak mendaftar PPDB lewat jalur reguler dan tetap bisa masuk kelas umum. Lebih lanjut, dijelaskan untuk kelas KKO tidak berlaku zonasi. Artinya siswa tidak dibatasi oleh asal wilayah, dan boleh dari wilayah manapun.

    Basir mengatakan pihaknya memberanikan diri membuka kelas KKO lantaran SMA N 2 Kebumen telah banyak melahirkan atlet olahraga tingkat nasional baik, bidang olahraga futsal putra dan putri hingga cabor lain. Tak hanya itu banyak juga siswa yang punya talenta besar di bidang olahraga serta fasilitas olahraga yang telah memadahi. "Selama ini banyak kami banyak menyumbang prestasi di bidang olahraga, juga secara rutin kami mengelar AOS Smanda," ungkap Basir.

    Dari sisi kesiapan, SMAN 2 Kebumen dinilainya sangat siap. Mereka sudah memiliki sumber daya baik guru olahraga dan pelatih dari berbagai cabor serta fasilitas lapangan yang cukup memadai. Bahkan pihaknya memiliki Guru Olahraga yang telah berlisensi menjadi Wasit Nasional pada diri Tri Ngudi Prasetyo.

    "Nanti kami juga akan bekerjasama dengan Pemkab Kebumen khususnya Dinas Pendidikan dan Disporawisata untuk memanfaatkan lapangan dan fasilitas kabupaten. Kami juga telah berkoordinasi dengan KONI terkait pelatih rencana akan dikolaborasikan dengan UMY,” terangnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top