• Berita Terkini

    Jumat, 12 Juni 2020

    Bakal Kembali Dibuka, Obwis Kebumen Dibatasi untuk Wisatawan Lokal

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Seiring pencanangan kebijakan new normal, Pemkab Kebumen mulai "mengaktifkan" kembali sejumlah sektor. Salah satunya pariwisata yang sebelumnya sempat "dibekukan" selama masa covid-19.

    Terbaru, Pemkab Kebumen akan mengizinkan objek wisata buka kembali. Baik yang dikelola masyarakat maupun oleh pemerintah daerah. Namun demikian, para pengelola obyek wisata tetap diminta mematuhi protokol kesehatan. Selain itu, terdapat ketentuan obwis sementara ini hanya menerima wisatawan domestik alias lokal Kebumen.

    Hal itu terungkap pada rapat koordinasi persiapan simulasi pembukaan objek wisata  menuju fase new normal di bidang pariwisata Kabupaten Kebumen. Rakor yang dipimpin oleh Wakil Bupati Arif Sugiyanto, di Aula Obyek Wisata Waduk Sempor, Kamis (11/6).

    Arif Sugiyanto, mengatakan rapat tersebut untuk memberikan pengarahan kepada para pengelola objek wisata agar memenuhi sejumlah aturan dalam penerapan protokol kesehatan saat buka nanti.  "Sebelum tempat wisata dibuka, kita pastikan agar penerapan protokol kesehatan benar-benar dipatuhi," tegasnya.
    Ia menjelaskan, Pemkab Kebumen mengizinkan objek wisata kembali beroperasi. Namun, pembukaan destinasi wisata dan tempat hiburan harus memenuhi ketentuan yang berlaku. Yaitu sesuai dengan SOP dan Protokol Kesehatan di Bidang Pariwisata.

    Seperti menggunakan masker, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta menjaga jarak dan pembatasan jumlah pekerja dan jam kunjungan. Selanjutnya, harus ada baliho imbauan agar wisatawan mematuhi protokol Covid-19.
    "Termasuk harus mengukur kapasitas wisatawan harus disiapkan jangan sampai memblundak," ujarnya.

    Tak hanya itu, pada tahapann new normal, wisatawan yang boleh berkunjung juga hanya untuk wisatawan lokal.   "Saya kira wisatawan lokal masih cukup banyak. Jadi untuk wisatawan dari luar daerah tidak kita izinkan," katanya.

    Rakor tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Kebumen Sarimun, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan, Dandim 0709 Letkol Kav MS Prawira Negara Matondang, Sekda Ahmad Ujang Sugiono. Para pejabat terkait serta para pengelola objek wisata dan pegiat wisata di Kabupaten Kebumen. (cah/fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top