• Berita Terkini

    Selasa, 02 Juni 2020

    Ambalkliwonan Jadi Pilot Projek Program Tele Desa

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Desa Ambalkliwonan Kecamatan Ambal resmi menjadi pilot project program tele Sehat Desa di Kabupaten Kebumen. Ini setelah Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto melakukan peluncuran secara resmi, kemarin (1/6/2020).

    Warga Desa Ambalkliwonan patut berbangga dengan program ini. Pasalnya, program tersebut merupakan yang pertama di Indonesia.

    Arif Sugiyanto mengatakan, Tele Sehat Desa merupakan program layanan kesehatan untuk masyarakat yang dapat diakses secara mudah melalui Web Tele Sehat Desa. Dimana, masyarakat bisa secara langsung melaporkan keluhan kesehatannya kepada petugas Medis hanya cukup menggunakan smartphone.

    Dengan begitu diharapkan program ini dapat membantu para Petugas Medis dalam melakukan traking kesehatan masyarakat. "Program ini didibaratkan Tol langit dan tanpa batas, jadi sudah saat di era majunya technologi ini masyarakat bisa secara cepat melaporkan tentang keluhan kesehatanya secara mudah dan akan segera di respon oleh petugas medis," ujar Arif yang juga Wakil Ketua Gugus Tugas PP Covid 19 Kebumen tersebut.

    Masih kata Arif, program ini akan sejalan dengan program Penerapan Zonasi dan program pusat yaitu New Normal. Dengan penerapan program tersebut nantinya diharapkan dapat secara mudah memantau kesehatan masyarakat hingga tingkat bawah. Selain itu diharapkan dalam 100 hari setelah diterapkannya Telesehat Kebumen bisa menjadi Zona Hijau dan terbebas dari Covid 19.

    Sementara itu, Ketua PPID Pusat, dr Andrianto Purnawan Sp BS yang juga hadir pada kesempatan kemarin menyampaikan, program Tele Desa sangat membantu masyarakat. Dimana mereka bisa berkonsultasi langsung dengan dokter pilihan terdekat tanpa melalui tatap muka.

    Selain itu program ini juga dilengkapi dengan tombol darurat pasien dimana JPS akan memberikan informasi gawat darurat pasien tersebut dan dokter terdekat yang telah terdaftar dalam program Tele Desa bisa melakukan pertolongan cepat. "Harapannya komunikasi keluhan bisa tertangani dengan aplikasi ini tanpa harus tatap muka," katanya.

    Andrianto berharap dengan program ini kesehatan di tingkas desa akan semakin meningkat dan Angka covid semakin menurun. Selain itu, diharapkan aplikasi ini bisa lebih berguna untuk memantau kesehatan masyarakat di tingkat desa dan teruwjud Indonesia yang sehat.

    "Kami mendukung dan mengapresiasi sekali program ini, Semoga dengan Program ini angka kematian yang disebabkan karna penyakit di masyarakat bisa di tekan dan Kebumen bisa segera terbebas dari Covid 19," ucapnya.

    Hadir pada kegiatan kemarin, Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono, Para Asisten Sekda dan Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kebumen. Kegiatan itu dilakukan tetap dengan protokol kesehatan. Masih di hari yang sama (1/6), para pejabat tersebut mengikuti upacara  Hari Lahir Pancasila ke-75. Upacara yang digelar di Aula Kecamatan Ambal, Senin, (1/6) tersebut digelar virtual bersamaan dengan pelaksanaan peringatan serupa di istana Bogor.

    Sebelumnya kegiatan dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan penyerahan penghargaan kepada anggota IPSI yang berprestasi, dan kepada para petugas serta relawan covid 19 yang telah turut bertugas dalam penanganan corona di Kabupaten Kebumen.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top