• Berita Terkini

    Jumat, 08 Mei 2020

    PPDB Harus Gratis, Tidak Boleh Ada Biaya

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Menjelang proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Dinas Pendidikan Kebumen menegaskan tidak boleh ada biaya apapun. Artinya PPDB harus dilaksanakan dengan gratis. PPDB juga tidak boleh dikaitkan dengan hal lainnya termasuk seragam atau buku-buku tertentu.

    Hal ini ditegaskan oleh Kepala Dinas Pendidikan Kebumen H Moh Amirudin. PPDB juga dilaksanakan dengan sistem online. Untuk itu pihaknya juga mengimbau agar kiranya SD tempat siswa yang mau mendaftar SMP untuk bisa membantu. Karena dengan metode online dimungkinkan ada wali siswa yang belum familier dengan aplikasi tersebut.

    PPDB juga mengggunakan sistem zonasi dengan jumlah minimal 50 persen. Selain itu jalur prestasi maksimal sebanyak 30 persen. Lainya yakni perpindahan orang tua dengan maksimal 5 persen. Untuk Afirmasi atau pemegang KIP atau keluarga kurang mampu yang terdaftar dalam Basis Data Terpadu  (BDT) minimal 15 persen. “Untuk jadwal PPDB semua jenjang pendidikan di Kebumen juga telah dibuat,” tuturnya, Jumat (8/5/2020).

    Amirudin pun menjelaskan untuk pendaftaran atau verifikasi berkas tingkat TK Negeri atau Swasta dilaksanakan pada 17 hingga 19 Juni 2020. Analisa penyusunan peringkat pada 20 Juni, pengumuman dilaksanakan pada 22 Juni. Untuk daftar ulang dilaksanakan pada 23-25 Juni.

    Untuk Tingkat SD Negeri, pendaftaran dilaksanakan pada 17 hingga 19 Juni. Analisa penyusunan peringkat pada 20 Juni dan pengumuman pada 22 Juni. Untuk pendaftaran ulang dilaksanakan pada 23-25 Juni. Sedangkan untuk SD Swasta pendaftaran dilaksanakan pada 17 hingga 30 Juni. Analisa penyusunan peringkat pada 1 Juli dan pengumuman dilaksanakan pada 2 Juli. Adapun untuk daftar ulang dilaksanakan pada 3 hingga 4 Juli.

    Sedangkan untuj pendaftaran SMP dibagi menjadi beberapa tahap. Untuk SMP Negeri/Swasta Online Tahap I pendaftaran dilaksanakan pada 17-19 Juni. Analisa penyusunan peringkat pada 20 Juni dan pengumuman pada 22 Juni. Sedangkan daftar ulang dilaksanakan pada 23 hingga 25 Juni.

    Untuk SMP Negeri/Swasta Online Tahap II pendaftaran dilaksanakan pada 26 Juni. Analisa penyusunan peringkat pada 27 Juni dan pengumuman pada 29 Juni. Sedangkan daftar ulang dilaksanakan pada 30 Juni. Sedangkan untuk SMP Swasta Luar Jaringan pendaftaran dilaksanakan pada 17 hingga 30 Juni. Analisa penyusunan peringkat pada 1 Juli dan pengumuman pada 2 Juli. Sedangkan daftar ulang dilaksanakan pada 3 sampai 4 Juli. “Semua sekolah dibawah naungan Dinas Pendidikan Kebumen akan melaksanakan hari pertama masuk sekolah pada 13 Juli mendatang,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top