UPB

UPB
  • Berita Terkini

    Jumat, 01 Mei 2020

    Polres Bersama K-SPSI Bagikan Sembako Kepada Buruh

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Peringatan Hari Buruh Sedunia (May Day) kali ini di Kebumen berbeda dengan tahun sebelumnya. Umumnya kegiatan May Day dilaksanakan dengan melibatkan banyak massa. Namun kali ini, Hari Buruh diisi dengan Gerakan Bakti Sosial, Jumat (1/5/2020).

    Polres Kebumen bekerjasama dengan DPC Konfederasi - Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (K-SPSI) Kebumen memberikan perhatian kepada para buruh yang terdampak tidak langsung akibat pandemi Covid-19. Perhatian tersebut diwujudkan dalam bentuk pembagian paket sembako.

    Paket sembako secara simbolis diserahkan oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan didampingi Waka Polres Kompol Prayudha Widiatmoko dan pejabat utama Polres Kebumen. Ini dilaksanakan di Sekretariat K-SPSI Kebumen di Jalan HM Sarbini. Hadir pada acara tersevut Ketua DPC K-SPSI Kebumen Akif Fatwal Amin dan sejumlah pengurus serikat pekerja.

    Selain itu sembako sebanyak 110 paket juga diserahkan ke sejumlah titik. Antara lain untuk para buruh di Sumpia Udang di Jalan Tentara Pelajar, RM Sambal Cobek, CV Gajah Mas, Mexolie dan Puspita Warna

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sebagai bentuk empati terhadap para buruh yang terkena dampak Covid-19. Beberapa buruh diantaranya harus dirumahkan sementara akibat adanya pandemi.

    "Kami berterima kasih kepada para buruh di Kebumen yang tidak menggelar unjuk rasa atau kegiatan yang menimbulkan kerumunan massa pada peringatan buruh kali ini. Kemudian kegiatan dialihkan dengan kegiatan bakti sosial yang lebih bermanfaat," ujar AKBP Rudy Cahya Kurniawan, usai menyerahkan paket sembako Jumat (1/5).

    Dalam kesempatan tersebut, Kapolres menambahkan agar buruh tidak mudah terpancing atau terprovokasi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab. Di Kebumen sendiri tidak banyak buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK). Adanya bantuan sosial dari pemerintah diharapkan akan mengurangi beban para buruh yang terdampak pandemi Covid-19. "Kami minta para buruh tetap menjaga situasi dan kondisi di tengah pandemi, cinta NKRI dan jangan sampai terpengaruh provokasi," ujar AKBP Rudy Cahya.

    Sementara itu, Ketua DPC K-SPSI Kebumen Akif Fatwal Amin menyampaikan para buruh di Kebumen yang terdampak pandemi kebanyakan dari sektor perhotelan, pariwisata, rumah makan dan transportasi. "Dampaknya pengurangan jam kerja dan  dirumahkan sementara. Sedangkan untuk PHK masih belum terjadi," ucap Akif Fatwal Amin mencatat buruh yang dirumahkan sementara sekitar 140 orang. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top