• Berita Terkini

    Jumat, 15 Mei 2020

    Pemkab Kebumen Bakal Lakukan Rapid Tes, Sasarannya Pasar hingga ke Desa-desa

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19), Pemkab Kebumen bakal menerapkan kebijakan "rapid test" bagi pedagang dan pengunjung Pasar Tumenggungan Kebumen. Rapid Test rencananya akan dilaksanakan Sabtu pagi mulai pukul 01.00 WIB.

    Selain itu, rapid test akan dilakukan hingga ke desa-desa. Ini dilakukan untuk pemetaan zona yang tengah dilakukan Pemkab Kebumen dalam rangka menanggulangi covid-19.

    Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto rapat Koordinasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kebumen dengan sejumlah OPD terkait menggelegar rapat di Gedung F, Kamis (14/5/2020).

    "Rapid tes yang akan diambil ada dua cara yakni semple darah tepi dan darah dalam. Untuk di lokasi pasar berdasarkan rapat ditetapkan untuk pengambilan sample darah luar untuk di rapid tes," kata Wabub Arif Sugiyanto usai rapat.

    Dalam rapat tersebut, Arif Sugiyanto bersama Sekda Ahmad Ujang Sugiyono mengatakan, pengunjung dan pedagang yang sudah ditest akan dikenakan gelang pengenal untuk membedakan yang sudah ditest maupun belum. Pelaksanaan rapid test dimulai pukul 01.00 WIB, dengan pengumpulan tanda pengenal pedagang pasar oleh tim. Sasarannya1000 orang.

    "Setelah pukul 04.30 WIB, pedagang dan pengunjung yang sudah mengumpulkan tanda pengenal akan dipanggil sesuai urutan klaster tempat dagang masing masing. Pelaksanaan kegiatan apabila memungkinkan akan dilanjutkan ke pedagang dan pengunjung reguler pasar Tumenggungan sampai dengan selesai atau tercapai 1000 orang teste," kata Arif.

    Wabub Arif menambahkan, selain di pasar rapid tes akan dilakukan hingga tingkat kecamatan dan desa. Hal itu untuk mengambil sample dan memetakan zona yakni zona Merah, zona kuning dan zona hijau. Selain itu rapid tes jiga akan dilakukan kepada setiap warga yang mudik dari perantauan.

    "Pengambilan rapid test  ini untuk membuat klaster zona wilayah antar kecamatan, jadi memastikan untuk daerah zona hijau itu aman dan zona merah dan kuning untuk terus dilakukan upaya pencegahan hingga zona menjadi hijau, " kata Wabub

    Dari pantauan wartawan koran ini pada Jumat (15/5/2020) sekitar pukul 21.00 WIB persiapan sudah terlihat. Mulai dari pendirian tenda pleton oleh BPBD Kebumen dan penutupan jalan Kusuma sepanjang utara Tugu Lawet sampai pertigaan Kolopaking.

    Untuk Pintu masuk ke Pasar Tumenggungan direncanakan lewat utara dan selatan Pasar Tumenggungan, sedangkan pintu keluar lewat sebelah timur dan langsung ke tenda pengungsi. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top