• Berita Terkini

    Jumat, 15 Mei 2020

    PDAM Kebumen Subsidi Ribuan Pelanggan

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Pemkab Kebumen melalui PDAM Tirta Bumi Sentosa akhirnya memberikan subsidi kepada para pelanggannya. Subsidi berupa pengurangan biaya pembayaran tagihan tersebut diberlakukan kepada pelanggan yang terdampak pandemi corona. Tidak kurang tercatat sebanyak 20.785 pelanggan bakal menerima program untuk jangka waktu dua bulan yakni Juni dan Juli 2020.

    Subsidi pembayaran tagihan pelanggan terdapat sejumlah kategori. Ini meliputi pelanggan sosial khusus dan umum mendapat subsidi sebanyak 50 persen dari keseluruhan tagihan. Untuk rumah tangga kurang mampu atau kategori A-1 juga mendapat subsidi 50 persen dan rumah tangga mampu atau kategori A-2 sebesar 10 persen subsidi.

    Direktur PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Musta'in menyampaikan estimasi rekening yang disubsidi selama Juni dan Juli 2020 Rp 550 juta. Ini dilaksanakan di tengah pandemi corona dimana hal tersebut berdampak nyata pada dunia perekonomian. “Adanya subsidi pembayaran tersebut diharapkan dapat membantu masyarakat,” tuturnya disela-sela kegiatan penyaluran santunan kepada anak yatim piatu, Jumat (15/5/2020) di panti Asuhan As Salam Pejagoan.

    Dalam kegiatan pemberian bantuan kepada anak yatim piatu juga turut dihadiri Dewan Pengawas PDAM Ida Indrayani Achmal, serta Kabag Perekonomian Setda Kebumen Yunita Prasetyani. Hadir pula Kepala BKPPD Kebumen Asep Nurdiana, Kabag Humas Setda Eko Purwanto dan sejumlah jajaran karyawan PDAM Tirta Bumi Sentosa dan Bupati Kebumen H Yazid Mahfudz.

    Zein menambahkan, program lain yang diupayakan pihaknya dalam percepatan penanganan Covid-19 yaitu diskon pemasangan Sambungan Baru (SR). Biaya sambungan baru normalnya bertarif Rp 1.750.000 kini hanya cukup membayar Rp 875.000 saja. Akan tetapi program diskon ini hanya diberikan khusus kepada 1.000 pelanggan. "Untuk Covid-19, kami juga membantu droping air untuk pembuatan disinfektan, bantuan kaporit pembuatan disinfektan, bantuan uang untuk penanganan corona kepada gugus tugas, bantuan masker dan vitamin bagi pegawai dengan keseluruhan mencapai Rp 1.488.449.500," katanya.

    Disisi lain, kegiatan sosial juga dilakukan PDAM Infaq Club Kebumen dengan pemberian santunan kepada ratusan paket sembako dan uang tunai kepada anak-anak yatim dan kaum dhuafa. Bantuan diberikan di beberapa panti asuhan salah satunya Panti Asuhan Assalam Istiqomah “Asih” YKM Pejagoan dan juga kepada Baitul Maal Hidayatullah (BMH) Kebumen, kaum dhuafa di pangkalan becak dan beberapa warga di sekitar lingkungan sumber dan Instalasi Pengolahan Air PDAM.
    Sementara Bupati Kebumen Yazid Mahfudz yang turut hadir dalam penyaluran bantuan mengatakan, upaya ini merupakan keterlibatan langsung PDAM dalam membantu warga kurang mampu dan yang terdampak pandemi corona. Bupati Yazid juga berharap, bantuan yang diberikan dapat meringankan beban masyarakat khususnya para pelanggan PDAM ditengah pandemi corona. "Semoga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan para pelanggan PDAM," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top