• Berita Terkini

    Minggu, 10 Mei 2020

    Masih Ada BST Dipotong di Kebumen, Bahkan Orang Meninggal masuk Daftar

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Kantor Pos Kebumen, Jawa Tengah mulai mencairkan bantuan sosial tunai (BST) untuk keluarga yang terdampak pandemi virus Corona atau COVID-19 dari Kementerian Sosial Republik Indonesia secara serentak hari ini. Namun, ditemukan ada warga yang sudah meninggal dunia terdaftar sebagai penerima BST.

    "Di KK tersebut atas nama orang yang sudah meninggal. Meski demikian, bantuan nantinya masih bisa dicairkan dengan syarat-syarat yang harus dipenuhi," kata Wakil Bupati Kebumen sekaligus Wakil Ketua Gugus Percepatan Penanganan COVID-19, Arif Sugiyanto di sela pantauan pencairan BST, Sabtu (9/5/2020).

    Arif mengatakan BST dari Kemensos RI itu mulai dicairkan untuk 27.191 KK di Kabupaten Kebumen secara serentak, Sabtu (9/5). Masing-masing KK, menerima bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan, dan akan diterima selama tiga bulan.

    "Hari ini pencairan dilaksanakan di 22 Kantor Pos yang ada di Kabupaten Kebumen. Setiap penerima bantuan menerima Rp 600 ribu setiap bulan selama tiga bulan. Semoga bisa selesai dicairkan dan diterima semua sebelum Lebaran," kata Arif.

    Tak hanya soal warga yang meninggal, Arif juga menemukan rencana pemotongan Rp 200 ribu dana BST itu dari salah satu desa. Uang itu rencananya bakal dibagi rata kepada warga yang membutuhkan, namun hal ini dia larang.

    "Tadi ditemukan rencananya ada potongan, tapi Insyaallah akan ada penyampaian ke aparat terkait supaya tidak ada potongan. Bantuan ini tentunya harus diterima dalam keadaan utuh, jadi tidak ada potongan-potongan di belakang nanti," terangnya.

    "Desa sedang musdes khusus, setelah ini masyarakat yang belum dapat bantuan sama sekali akan diberikan bantuan. Biar tidak bertumpuk nanti akan diatur bantuan dari desa, kabupaten maupun provinsi," lanjutnya.

    Sementara itu, Kepala Kantor Pos Kebumen, Wendi Nugroho, menjelaskan dari 27.191 penerima bantuan, Kantor Pos di Kebumen menyalurkan 21.736 penerima. Sisanya disalurkan melalui Bank Himbara yang tersebar di empat bank, yaitu Bank Mandiri, BTN, BRI dan BNI.

    "Bantuan ini harus disalurkan maksimal hanya lima hari. Setelah itu baru disalurkan door to door ke rumah-rumah penerima. BST yang disalurkan kali ini merupakan bantuan tahap pertama untuk bulan April yang dibayarkan pada Mei ini," terangnya.

    "Untuk warga yang jauh dari Kantor Pos kita ada pembayaran komunitas di kecamatan terdekat. Bagi penerima yang jompo, sakit atau berhalangan hadir karena kesehatan akan kita antarkan setelah jadwal utama kita selesai," pungkasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top