• Berita Terkini

    Kamis, 07 Mei 2020

    Aparat Bertindak, Baru Pedagang Pasar Pagi Patuhi Aturan Jaga Jarak

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Setelah abai terhadap aturan  Phsyical Distancing, para pedagang pasar pagi di kompleks Pasar Tumenggungan Kebumen akhirnya mulai mematuhi aturan tersebut. Hanya, butuh kerja keras bagi Pemkab agar aturan ini dipatuhi pedagang. Bahkan, Wakil Bupati Kebumen harus ikut turun tangan memberikan imbauan.

    Seperti diberitakan, pemkab Kebumen memberlakukan Phsyical Distancing, para pedagang pasar pagi di kompleks Pasar Tumenggungan Kebumen. Untuk mendukung aturan ini, Pemkab memberikan garis batas antar pedagang di lokasi pasar.

    Di hari pertama aturan itu diberlakukan Rabu (6/5/2020), para pedagang terlihat masih tetap berjualan dengan jarak yang dekat  meski petugas pasar dan Satpol PP diterjunkan. Bahkan, pedagang tidak mematuhi batas yang telah dibuat Pemkab. Alhasil, adanya garis pembatas 1,5 meter antar pedagang itu nyaris tak berpengaruh. Pedagang menggunakan ruang diantara garis pembatas untuk mengelar dagangan.

    Situasi ini membuat Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto harus turun tangan. Wakil Bupati mendatangi pedagan pada Kamis (7/5/2020). Bersama petugas, Wakil Bupati memberikan himbauan agar pedagang mematuhi aturan batas dagangan untuk mencegah penyebaran covid-19.


    Baru kemudian, para pedagang mulai mengindahkan dan mentaati himbauan tersebut. Para pedahang dan pengunjung sudah terlihat hampir secara keseluruhan memakai masker serta menjaga jarak antar pedagang dan saat bertransaksi jual beli.

    Kepala UPTD Pasar II, Bambang Cahyono, mengatakan berkat kinerja para petugas Disperindag, Staf Pasar Tumenggungan, Satpol PP dan paguyuban pedagang kondisi pada Kamis (7/4) pagi pedagang sudah mulai tertata dengan baik. Bahkan kendaraan sudah terlihat tidak ada yang memasuki area pedagang. "Tadi pagi pedagang sudah semakin baik, kendaraan tidak ada yang masuk namun kami tetap akan memantau setiap harinya," katanya.

    Bambang mengatakan terkait kelongaran jarak dan lapak pedagang usai makin mudah diatur pihaknya belum ada rencana untuk perluasan area lapak pedagang ke jalan Kusuma.  "Sementara kondisi cukup baik, tadi lagi Pak Wakil Bupati juga rawuh bersama Kasatpol PP, terkait perluasan setahu saya belum ada rencana unyuk perluasan lokasi," ujarnya.

    Bambang manambahkan pihaknya selama dua minggu kedepan akan terus memantau dan memberikan himbauan kepada masyarakat dan pedagang denga bantuan sejumlah personil dari dinas dan Satpol PP.

    "Siapapun yang masuk area pasar diwajibkan memakai masker, Kami  mohon maaf atas ketidaknyamanan baik kepada pedagang maupun masyarakat, ini semua demi kebaikan bersama untuk mencegah Pandemi Covid19 dan semoga segera bekahir," ujarnya.

    Sementara itu, Wakil Bupati Kebumen Arif Sugiyanto mengatakan pihaknya mengapresiasi kepada petugas pasar atas etos kerja dengan cepat menata ratusan pedagang. Menurutnya kondisi pedagang sudah mulai tertata, mereka juga sudah terlihat menggunakan masker dan jaga jarak.
    "Sudah baik, apresiasi kepada petugas, namun tetap terus ditingkatkan himbuannya, untuk sebagian yang belum menggunakan masker baik pedagang maupun pembeli terus diberikan pengarahan tentang pentingnya menggunakan masker," kata Arif sembari membagikan masker kepada pedagang.(cah/fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top