• Berita Terkini

    Minggu, 12 April 2020

    Tidak Kenakan Masker? Siap-siap Kena Tegur Polisi

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Menyusul pandemi virus corona (covid-19), Pemerintah sudah melakukan himbauan agar warga mengenakan masker saat bepergian ke luar rumah. Sayangnya, hingga saat ini belum semua masyarakat Kebumen mematuhi aturan tersebut.

    Melihat hal itu, Polres Kebumen melakukan teguran bagi mereka yang kedapatan tidak memakai masker saat berada di tempat-tempat umum. Seperti saat  Sat Samapta Polres Kebumen saat
    melaksanakan patroli dialogis, mengajak warga masyarakat untuk mengenakan masker, Sabtu (11/4/2020).

    Patroli yang dipimpin langsung oleh Kasat Samapta Polres Kebumen AKP Rudjito itu menyasar sejumlah objek vital dan tempat mangkal tukang becak dan driver ojek online.

    "Kami sampaikan kepada masyarakat untuk patuh mengenakan masker. Memang ada beberapa yang mengabaikan menggunakan masker, tapi saat itu juga kami tegur untuk menggunakan masker saat keluar rumah," jelas AKP Rudjito.

    Penggunaan masker saat keluar rumah sejalan dengan rekomendasi organisasi kesehatan dunia atau WHO saat pandemi Corona Covid-19 sepertisekarang.  "Kami tidak akan lelang mengingatkan warga masyarakat untuk mengenakan masker. Semoga wabah bisa segera mereda," tandas AKP Rudjito.

    Di bagian lain, Polres terus ingin memastikan penyebaran corona tidak meluas di Kebumen.  Termasuk para tahanan mendapat pemeriksaan, Sabtu (11/3/2020). Total ada 24 tahanan dicek suhu tubuhnya satu-persatu menggunakan alat pendeteksi suhu thermal scanner oleh Paurkes Polres Kebumen Aiptu Agus Sunani bersama piket siaga.
    Dari pengecekan itu, semua normal dan sehat.

    Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan saat dikonfirmasi melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen Iptu Tugiman mengungkapkan, pihaknya terus berupaya agar kondisi ini tetap terjaga.  "Saat ini di Rutan Polres Kebumen ada 24 tahanan. Tahanan laki-laki berjumlah 18 orang, tahanan wanita 3 orang, tahanan titipan Kejaksaan 3 orang. Semua dalam keadaan sehat," kata Iptu Tugiman.

    Sampai dengan saat ini, para tahanan belum diperbolehkan untuk dibesuk oleh kerabat ataupun keluarga, demi alasan kesehatan dan keamanan selama pandemi Virus Corona Covid-19.
    Namun kepada para kerabat yang akan mengantarkan makanan, diungkapkan Kasat Tahti Polres Kebumen Ipda Mariman, masih diizinkan.  "Kerabat masih diperbolehkan mengantar makanan, namun dititipkan kepada petugas piket pada saat jam dinas untuk selanjutnya diserahkan kepada yang bersangkutan. Tentunya harus dicek secara ketat terlebih dahulu," ungkap Ipda Mariman.

    Mengantisipasi jumlah tahanan yang over kapasitas, karena adanya pemberlakuan penundaan penerimaan tahanan di Rutan atau Lapas selama pandemi Virus Corona, Polres Kebumen akan melibatkan Rutan Polsek untuk menampung para tahanan sementara.

    "Kita sudah mengecek rutan terdekat di Polsek jajaran yang nantinya akan digunakan untuk menampung sementara para tahanan Polres selama pandemi. Ini bentuk tindak lanjut antisipasi over kapasitas berkaitan surat dari Kemenkumham," jelas Ipda Mariman.  Lanjut Ipda Mariman, meski Rutan Polsek, fasilitas dan pelayanan kepada para tahanan sesuai standar kepolisan.(win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top