• Berita Terkini

    Jumat, 17 April 2020

    RS PKU Gombong Bakal Tangani Mandiri Pasien Covid-19

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- RS PKU Muhammadiyah Gombong bakal menjadi rumah sakit swasta pertama yang melakukan penanganan mandiri bagi pasien covid-19. Saat ini, persiapan tengah dilakukan meliputi pembuatan ruangan khusus berikut laboratorium.

    Fasilitas khusus ini tadinya merupakan rusunawa yang merupakan wisma istirahat petugas kesehatan RS PKU. Dari daya tampung yang semula 50 akan ditingkatkan menjadi 100 pasien. Dan, diharapkan akan mulai beroperasi atau difungsikan pada pertengahan Ramadan atau sekitar akhir bulan ini.

    Direktur RS PKU Muhammadiyah Gombong, dr Ibnu Naser Arrochimi SAg MMR, mengatakan, ruangan dan gedung khusus penanganan covid-19 ini terpisah dengan pasien umum, serta dilengkapi 9 kamar ICU, ruang isolasi hingga ruangan laboratorium khusus Covid-19.

    "Insha Allah, sebelum pertengah bulan Ramadhan bisa difungsikan," ujar Ibnu Naser Arochimi saat menerima kunjungan Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, kemarin (17/4/2020).

    Ibnu Naser menambahkan, pihaknya menerapkan standar tinggi untuk penanganan khusus bagi pasien dalam pengawasan (PDP) atau nantinya bila ada pasien positif corona.  "Kami membuat desain khusus untuk keperluan darurat covid. Semua menggunakan standar rumah sakit isolasi terbaik, baik segi bangunan hingga peralatan medis," ujar Ibnu Naser.

    "Alat dan petugas medisnya sudah kami siapkan," ujarnya msebari mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Kebumen, Pemprov Jawa Tengah dan pihak lain yang mendukung RS PKU Muhammadiyah Gombong sebagai rumah sakit darurat corona.

    Sementara itu,  Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengatakan RS PKU Muhammadiyah Gombong menjadi rumah sakit swasta pertama di Kebumen yang secara mandiri disiapkan untuk penanganan corona.

    Di saat yang sama, Wabup Arif mengapresiasi upaya persiapan yang dilakukan pihak rumah sakit. Sejauh ini, persiapan sangat memuaskan. "Melihat dari persiapan yang dilakukan para ahli, PKU Gombong tidak kalah dengan standar akan sama dengan RS penanganan Covid-19 di Jakarta, kami mengucapkan terimaksih kepada jajaran pengurus Muhammadiyah atas kesigapan penganan Covid-19,"ujarnya.

    Arif, sekaligus mengucapkan terimaksih kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang telah membantu dan memprioritaskan penanaganan covdi-19 di Kabupaten Kebumen.

    Ganjar Pranowo diketahui menyalurkan sejumlah bantuan dalam rangka mempersiapkan RS PKU Gombong menjadi RS penanganan corona. Ganjar menyalurkan bantuan
    berupa peralatan medis hingga kendaraan oprasional. Gubernur juga menyanggupi membantu percepatan persiapan geudung khusus penanganan covid.(fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top