• Berita Terkini

    Jumat, 24 April 2020

    Polres Kebumen Petakan Kerawanan Wilayah Akibat Corona

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Polres Kebumen menggelar pelatihan "Tactical Floor Game" (TFG), mensimulasikan sistem pengamanan kota (Sispam Kota) dalam menghadapi kontijensi berbagai kemungkinan saat pandemi Virus Corona Covid-19 di Kebumen, Kamis (23/4/2020).

    TFG digelar di Gedung Tribrata Mapolres dan dipimpin langsung oleh Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan dan dipaparkan oleh Kabag Ops Kompol Cipto Rahayu kepada para tamu undangan yang terdiri dari Kadishub Kebumen, Pasi Ops kodim 0709, perwakilan dari Satpol PP Kebumen dan para PJU Polres serta Kapolsek jajaran.

    Diungkapkan AKBP Rudy, TFG yang digelar lebih untuk memetakan suatu kerawanan daerah serta penanganannya secara cepat dan akurat melalui elemen yang tergabung dalam operasi penanggulangan penularan penyakit Covid-19.

    Polri berkoordinasi dengan BNPB, TNI dan Pemerintah Daerah dengan mengedepankan langkah pencegahan, penanggulangan dan penegakan hukum selama Pandemi Virus Corona.  "Menggunakan TFG ini, kita simulasikan serta kita petakan penyebaran Covid-19 di Kebumen. Selanjutnya kerawanan dampak dari mulai banyaknya warga yang memutuskan kembali ke kampung, kita simulasikan juga tentang penanganannya," kata AKBP Rudy.

    Lanjut AKBP Rudy, dengan adanya simulasi melalui TFG itu, para personel yang tergabung ataupun secara tidak langsung terlibat dalam operasi penanggulangan penularan Corona Covid-19 memahami tugas pokok, fungsi, dan perannya masing-masing.

    Di sisi lain, Polres Kebumen terus berupaya membantu melakukan penanganan dan penanggulangan corona (covid-19). Selain melakukan pemetaan kerawaanan, Polres juga terus berbagi dengan masyarakat terdampak.

    Seperti pada Jumat (24/4) yang merupakan hari pertama pelaksanaan ibadah puasa. Saat itu, Kapolres Kebumen AKBP Rudy Cahya Kurniawan bersama pejabat utama Polres dan Kapolsek Karanganyar AKP Kusnadi bersama anggotanya "door to door" bagikan takjil kepada warga masyarakat.
    Meski jalan berbukit dan sedikit licin, tak menyurutkan niat Polres Kebumen untuk berbagi di daerah itu. "Kami ingin menyapa warga masyarakat sembari mengucapkan selamat berpuasa. Kami juga bagikan takjil yang dapat meringankan beban warga masyarakat yang secara tidak langsung terkena imbas dari Covid-19," jelas AKBP Rudy di sela kegiatan.
    Takjil atau bingkisan yang dibagikan berupa 10 Kg beras putih, 1 liter minyak goreng, gula pasir, mie instan dan 1 pack teh celup yang dikemas dalam satu karung plastik.
    Cukup lumayan berat takjil yang dibagikan, sehingga harus diangkut menggunakan mobil patroli Backbone Polsek Karanganyar.  Dari pembagian takjil itu itu AKBP Rudy berharap dapat bermanfaat bagi masyarakat di bulan suci ramadhan.
    "Total ada 200 bingkisan yang kami bagikan. Semoga dapat bermanfaat dan menjadi berkah bagi warga masyarakat yang menerima," katanya.
    Bantuan takjil yang diberikan Polres Kebumen disambut baik oleh warga masyarakat.
    Para penerima bantuan taljil itu mengaku terkejut saat didatangi langsung oleh puluhan polisi yang dipimpin langsung oleh Kapolres.  "Alhamdulillah, terimakasih banyak bantuannya. Kirain ada apa, Pak," ucap salah satu warga masyarakat.  Selain di daerah pelosok, pembagian juga dilakukan kepada para abang becak yang biasa mangkal di Jeruk Gulung Karanganyar dan Mulyo Taruno. (win/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top