• Berita Terkini

    Rabu, 29 April 2020

    Pemuda Jogosimo Ngabuburit Sambil Bagikan Beras

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Seakan sudah menjadi tradisi jika setiap Ramadhan pasti ada kegiatan ngabuburit. Namun Bulan Ramadhan kali ini bersamaan dengan pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

    Di tengah pandemi ini membuat berbagai tradisi yang biasanya dilaksanakan menjadi sepi. Akibat pandemi, bulan Ramadhan kali ini pun sangat berbeda dengan Bulan Ramadhan sebelum-sebelumnya.

    Ditengah pandemi Covid-19 ini, muda-mudi di Desa Jogosimo Klirong yang tergabung dalam wadah Karang Taruna Pantai Indah mempunyai cara unik tersendiri untuk mengisi waktu ngabuburitnya. Mereka berkeliling desa dengan membagikan beras kepada anak yatim dan warga yang dinilai kurang mampu.

    “Beras kita kemas 5 kilogram. Selain itu masih ada telur dan uang. Ini dibagikan sekedar untuk membantu agar dapur tetap ngebul. Kita prioritaskan untuk anak yatim piatu, yatim, duafa dan warga kurang mampu,' ujar Ketua Karang Taruna Pantai Indah, Sigit Tulus EP, Rabu (29/4/2020).

    Sejak awal Ramadhan hingga hari ini, lanjut Sigit, sedikitnya ada 30 warga penerima manfaat yang telah dijamah. Menurutnya, banyak cara yang dapat dilakukan untuk saling berbagi di tengah pandemi Covid-19 dan bulan Ramadhan sekarang ini. Salah satunya yakni dengan mengisi waktu ngabuburit dengan hal-hal positif dan bermanfaat tanpa mengabaikan imbauan dari pemerintah.

    “Kita memfasilitasi sekaligus mengakomodir para dermawan desa yang peduli dan ingin berbagi terhadap sesama. Utamanya mereka yang secara ekonomi sangat membutuhkan uluran tangan para dermawan, terlebih ditengah pandemi Covid-19,” katanya.

    Sigit menggarisbawahi peran pemuda sebagai motor penggerak dan garda terdepan dalam membendung penyebaran Covid-19 di desa sangatlah vital. Tak hanya itu, peran pemuda dalam membantu mengatasi problem sosial dan ekonomi di saat warga menjalani social physical distancing juga tak kalah urgen. “Jika bukan pemuda siapa lagi. Ini tugas kemanusiaan. Kita harus berbuat sesuatu. Kita tidak bisa hanya tinggal diam saja,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top