• Berita Terkini

    Rabu, 08 April 2020

    Pasien Ketiga Positif Corona di Kebumen Meninggal Dunia

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Berita duka kembali datang dari pasien positif corona di kabupaten berselogan Beriman ini. Selang satu hari setelah dinyatakan positif corona, YP (65) warga Kecamatan Kebumen meninggal dunia. Pasien meninggal dunia saat hendak dirujuk ke Rumah Sakit Dr Margono Soekarjo Purwokerto, Rabu (8/4/2020).

    Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19 Kebumen Cokro Aminoto saat dihubungi Kebumen Ekspres membenarkan atas informasi tersebut. Dimana YP merupakan yang merupakan pasien positif corona ke tiga di Kebumen telah meninggal dunia. “Benar, pasien telah meninggal dunia dalam perjalanan ke Rumah Sakit Dr Margono,” tuturnya.

    Sebelumnya warga Kebumen tersebut dinyatakan positif virus corona (COVID-19) setelah melakukan uji laboratorium spesimen dari Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. Pasien yang kini dirawat di salah satu rumah sakit di Kebumen itu rencananya akan segera dirujuk ke rumah sakit lini satu. “Mengenai perihal tersebut, kami nanti akan konferensi pers, sekitar pukul 20.00 WIB,” tegas Cokro Aminoto.

    Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kebumen Dwi Budi Satrio dalam jumpa pers sebelumnya menyampaikan jika kondisi pasien berinisial YP telah mengalami gejala demam, sakit kepala dan sesak. Setelah dilakukan  uji laboratorun (swab) hasilnya positif corona.  “Sebelumnya YP juga memiliki riwayat sakit diabetes dan pernah berpergian ke daerah suspect corona. Selain itu, dirinya pernah berkontak langsung dengan salah satu keluarganya yang juga dinyatakan positif corona. “Kondisinya sempat membaik tetapi permintaan keluarga agar dirujuk ke rumah sakit lini satu," imbuhnya.

    Sebagai bentuk antisipasi, pihak keluarga maupun yang pernah berkontak dengannya juga sudah dilakukan pemeriksaan.  "Keluarga maupun yang pernah berkontak sudah dilakukan tes dan hasilnya negatif," jelasnya.

    Melihat semakin banyaknya warga Kebumen yang mudik dari luar daerah, Budi Satrio menghimbau agar warga mentaati protokol yang ditetapkan pemerintah. Yakni melakukan karantina selama dua pekan. Pihaknya juga berpesan, agar masyarakat Kebumen mengenakan masker dalam kesehariannya sesuai anjuran pemerintah.

    Sementara itu, berdasarkan data yang ada, jumlah ODP saat ini sudah mencapai 1.894.  Selain itu jumlah PDP sebanyak 64 dan jumlah positif 3 kasus. Ini dengan princian dua orang meninggal dan satu masih dalam perawatan. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top