• Berita Terkini

    Jumat, 17 April 2020

    Pandemi Corona, Program Samsat Keliling Dihentikan Sementara

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga masyarakat, khususnya para pemilik kendaraan bermotor, untuk sementara tidak bisa menikmati layanan samsat keliling. Ini setelah kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat) Kebumen menghentikan sementara layanan tersebut. Langkah ini dilakukan demi mencegah serta mengantisipasi penyakit corona (covid-19).

    Kepala UPPD Samsat Kebumen Bambang Nurcahyo, menyampaikan, ancaman virus corona memang telah berimbas kepada semua lini. Ia pun tak bisa memastikan sampai kapan penghentian pelayanan di Samsat keliling ini.

    Namun demikian, Bambang Nurcahyo, menegaskan pelayanan di kantor samsat Kebumen masih berjalan seperti biasa. Yakni dari Hari Senin hingga Sabtu. Hanya memang, pelayanan hanya dilakukan hingga pukul 13.00 WIB dari yang tadinya sampai pukul 15.30 WIB. ""Untuk jam pelayanan dibuka sejak pukul 8 pagi," imbuhnya.

    Adapun bagi para pemilik kendaraan yang ingin membayar pajak tahunan, selain datang ke kantor Samsat juga bisa menggunakan aplikasi Sakpole. Dengan aplikasi itu, wajib pajak bisa memilih lokasi pembayaran. "Alternatif lain Masyarakat juga bisa melakukan pembayaran dengan aplikasi Sakpole tanpa harus datang ke kantor samsat jika memang mendesak, " imbuhnya.

    Masih terkait antisi penyebaran corona, Bambang menghimbau waraga yang membayar pajak lewat kantor Samsat selalu menggunakan masker dan menjaga jarak physical distancing.

    Seperti di ketahui, bahwa tahun ini, Pemerintah Provinsi (Pempov) Jawa Tengah melalui UPPD Samsat Kebumen kembali membebaskan bea balik nama kendaraan bermotor (BBNKB) dan denda pajak kendaraan bermotor (PKB).

    Kebijakan tersebut dikeluarkan setelah melihat masih banyaknya kendaraan berpelat nomor luar Jawa Tengah yang berdomisili dan beroperasional di Jawa Tengah. Ditambah masih banyaknya pemilik kendaraan bermotor yang menunggak pajak. Kebijakan tersebut akan diberlakukan mulai Senin 17 Februari hingga 16 Juli 2020 mendatang.(cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top