• Berita Terkini

    Rabu, 15 April 2020

    Pandemi Corona, BPJS Mudahkan LayananVia Online

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Corona Virus Disease 19 (Covid-19) menjadi fokus perhatian seluruh lapisan masyarakat, termasuk di Kabupaten Kebumen. Social distancing pun dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Kebumen untuk mencegah penularan Covid-19.

    Untuk mencegah penularan tersebut BPJS Kesehatan Cabang Kebumen menerapkan pelayanan sistem online, Kemudahan layanan JKN-KIS bisa diakses via aplikasi online Program JKN-KIS.

    Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen Wahyu Giyanto, mengatakan adanya layanan online pesefrta JKN-KIS pihaknya mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga jarak dan bisa mengurus JKN-KIS b=via aplikasi dan cukup hanya dirumah saja.

    “Kami terapkan social distancing dengan memberikan jarak peserta yang datang di security, memberikan jarak antrean, serta memberikan jarak pada saat menunggu di loket pelayanan. Hal ini tentunya bertujuan untuk memutus rantai penularan Covid-19 yang tiap harinya jumlah terkonfirmasi positif terus menambah, dengan layanan online ini tentu akan lebih mudah masyarakat tak perlu datang ke kantyor, " kata Wahyu Giyanto kepada Ekspres, Senin (13/4).

    Wahyu Giyanto menjelaskan meski situasi pandemi covid19 belum reda, pihaknya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan JKN-KIS terhadap masyarakat dengan mengedukasi peserta yang datang ke kantor untuk melakukan layanan secara online. Ia mengatakan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen mempunyai banyak berbagai aplikasi online yang dapat di mana saja diunduh di Play Store.
    "Aplikasi tersebut antara lain Mobile JKN yang dapat diunduh di Play store maupun App Store, kemudian terdapat aplikasi telegram bot, messenger FB dan whatsapp bot yang bernama Chat Assistant JKN (Chika) dan Vika (Voice Interactive JKN) di 1500400," katanya.
    Sementara itu, Salah satu peserta JKN-KIS, Daryati (37) yang merupakan Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) mengatakan, dengan adanya aplikasi online ini, dirinya menjadi sangat mudah dalam mengakses layanan administrasi JKN-KIS. Ia yang mengaku gagap teknologi pun tak menemui kendala berarti untuk melakukan akses tersebut.
    "Karena aplikasi tersebut bisa dibilang sangat sederhana penggunaannya, tidak rumit sama sekali. Saya rasa hampir semua orang punya Whatsapp sekarang ya, sehingga rasanya seperti melakukan chat biasa dengan orang lain. Hal ini sangat membantu sekali di tengah kondisi yang tidak memungkinkan saya keluar rumah dengan bebas,” katanya.
    Selain itu dalam memaksimalkan pelayanan BPJS Kesehatan ke depannya akan terus mengembangkan beragam alternatif kanal layanan JKN-KIS lainnya yang ramah pengguna (user friendly) dan dapat digunakan oleh siapa saja dengan berbagai latar belakang pendidikan dan ekonomi. (Fur/ma/rz)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top