• Berita Terkini

    Jumat, 10 April 2020

    Karangtaruna Kebumen Bagikan Ribuan Masker

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Masker kini menjadi salah satu barang yang paling diburu oleh masyarakat akhir-akhir ini. Hal tersebut terkait dengan adanya pandemi corona (Covid-19). Terlebih setelah kebijakan pemerintah memberikan imbauan untuk penggunaan masker saat keluar rumah. Sebagai bentuk kepedulian, Karangtaruna Kabupaten Kebumen membagikan pun ribuan masker kepada masyarakat secara cuma-cuma.

    Penyaluran bantuan dilakukan serentak di sejumlah kecamatan di wilayah Kabupaten Kebumen, Kamis (9/4/2020). Ini seperti di Kecamatan Kebumen, Kutowinangun, Karanganyar, hingga Prembun. Terkait sasaran penerima, diutamakan bagi masyarakat yang beraktivitas di tepi jala, namun belum menggunakan masker. Ini seperti tukang becak, pedagang pinggiran hingga lainnya.

    Ketua Karangtaruna Kabupaten Kebumen Bagus Setiyawan menyampaikan bantuan ini merupakan sikap kepedulian organisasinya kepada masyarakat di Kebumen. Hingga kini meski telah ada himbauan, namun tidak sedikit warga yang belum menerapkan anjuran pemerintah untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Padahal, masker menjadi salah satu sarana penting dalam pencegahan penyebaran virus corona. "Kami berharap Karangtaruna dapat berperan aktf dalam ikut mencegah penyebaran virus corona. Selain itu mudah-mudahan bantuan ini dapat bermanfaat," katanya.

    Bagus Setiyawan yang juga anggota DPRD Kebumen itu menilai, penanganan corona harus dilakukan oleh seluruh lapisan masyarakat. Hal ini tidak cukup jika hanya dibebankan kepada pemerintah atau petugas. Semua lapisan masyarakat harus saling bersama-sama, bahu membahu untuk mencegah penyebaran virus corana.

    Adanya kepedulian bersama, dan secara bersama-sama pula melaksanakan pencegahan diharapkan akan persoalan corona akan semakin cepat teratasi. Bagus juga berpesan agar masyarakat dapat mengikuti anjuran pemerintah. Ini seperti menjaga pola hidup sehat, mencuci tangan, mengenakan masker, tidak melakukan aktivitas yang melibatkan kerumunan massa.  "Semua harus berperan sesuai kapasitas masing-masing dalam penanggulangan wabah ini," imbuhnya.

    Berperan sesuai kapasitas masing-masing menjadi hal yang sangat penting. Ini dapat pula dimulai dari diri dan merambah kepada keluarga. Setelah itu meningkat lagi penanganan di tingkat RT, RW hingga kecamatan dan kabupaten. “Kesadaran seperti ini sangat penting. Dimana semua pihak sadar akan ancaman wabah corona. Sehingga akan saling menjaga,” ucapnya, (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top