• Berita Terkini

    Rabu, 29 April 2020

    Imbas Corona, Perjalanan KA "Diliburkan" hingga 31 Mei

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 5 Purwokerto memastikan, pembatalan perjalanan kereta api bakal berlaku hingga l 31 Mei 2020. Total ada 91 perjalanan KA yang dibatalkan, baik untuk penumpang jarak jauh maupun lokal.

    Manajer Humas PT KAI Daop 5 Purwokerto, Supriyanto, menyampaikan pembatalan seluruh perjalanan KA jarak jauh dan lokal ini, dilakukan sebagai tindak lanjut dari Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 25 Tahun 2020 tanggal 23 April 2020 tentang Pengendalian Transportasi Selama Musim Mudik Idul Fitri 1441 H.

    "Setelah dilakukan evaluasi dan mengikuti perkembangan di lapangan, PT KAI memperpanjang pembatalan perjalanan kereta jarak jauh dan Lokal hingga 31 Mei 2020," katanya.

    Sebagai informasi, di wilayah Daop 5 Purwokerto, ada 91 perjalanan KA Penumpang jarak jauh dan lokal yang dibatalkan perjalanannya 1-31 Mei 2020. Bagi penumpang yang KA-nya dibatalkan, PT KAI akan mengembalikan bea 100% dari harga tiket, di luar biaya pemesanan.

    Pembatalan tiket bisa melalui aplikasi KAI Access maupun di loket stasiun. Pembatalan melalui KAI Access, dapat dilakukan hingga 3 jam sebelum jadwal keberangkatan yang tercantum di tiket. "Pembatalan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari. Sedangkan pembatalan di loket stasiun, dapat dilakukan hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera di tiket, dan uang akan dikembalikan tunai," ujar Supri. (28/4/2020).

    Semenyara itu, untuk perjalanan KA Barang yang di Wilayah Daop 5 Purwokerto, sebanyak 24 KA Barang, masih berjalan normal. KA barang tersebut mengangkut Avtur, BBM Pertamina, Semen serta KA Parcel untuk pengiriman paket. "Bagi informamsi penumpang terkait pembatalan dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email cs@kai.id, atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perjalanannya," ujarnya.

    Tak hanya itu, Lanjut Supriyanto, PT KAI  mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat pada moda transportasi kereta api, dan mohon maaf kepada penumpang yang perjalanan tertunda karena pembatalan Perjalanan Kereta Api. "Langkah ini dilakukan guna menekan penyebaran Covid-19," katanya.

    Sementara itu, Kepala Stasiun Kebumen, Abdul Aziz mengungkapkan, petugas stasiun kebumen tetap berjaga. Ia mengatakan saat ini perjalanan kereta yang beroprasi hanya kereta barang. "Petugas kami tetap berjaga, karena masih ada kereta barag yang melintas," katanya. (fur).

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top