• Berita Terkini

    Selasa, 10 Maret 2020

    Wabup Kebumen Ajak Warga Lestarikan Jamjaneng

    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Wakil Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, mengajak warga bangga terhadap kebudayaan dan kesenian daerah. Salah satunya, jamjaneng. Ajakan melestarikan seni jamjaneng ini disampaikan Wakil Bupati saat  menghadiri Peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW di Masjid Al Mamur Tejasari Desa Candiwulan Kecamatan Kebumen, Minggu (8/3/2020).

    Kepada ribuan warga yang hadir, Wabup Arif mengaresiasi masyarakat Candiwulan yang masih mempertahankan musik Jamjaneng. Terlebih kesenian tersebut merupakan kesenian asli Kabupaten Kebumen.  "Saya sangat bangga, karena jamjaneng di sini masih terjaga dan lestari," tuturnya.

    Kata Wabub, Kesenian tradisional jamjaneng sendiri keberadaannya sudah memperihatinkan. Sebab, rata-rata pelakunya saat ini sudah berusia lanjut. Pada kesempatan itu, Arif juga berharap peringatan isro miroj membuat masyarakat Kebumen semakin taat mengikuti keteladanan Rasulullah dalam semua sisi kehidupan.
    Dalam hari-hari terakhir, Wakil Bupati Arif memang banjir kegiatan memenuhi undangan warganya yang memeringati Isra Miraj. Di hari yang sama, Wabup memenuhi undangan warga Desa Wagirpandan, Kecamatan Rowokele, Minggu (8/3).

    Hadir di Wagirpandan, Wakil Bupati merasakan sendiri kondisi jalan di wilayah setempat yang belum bagus. Padahal, medan wialyah tersebut termasuk daerah pegunungan. Wabup bahkan sempat berjalan kaki saat menuju  Mushola Al Ikhlas Karangwuni, tempat peringatan Isra Miraj digelar.

    Arif Sugiyanto mengapresiasi warga masyarakat setempat atas semangat gotong royong yang dijalankan menggelar acara. Wabub Arif berharap adanya momentum peringatan Isra Miraj Nabi Besar Muhammad SAW ini menjadikan warga Desa Wagirpandan semakin alim, semakin bertaqwa dan semakin sholeh.

    Kondisi jalan yang belum bagus akan menjadi perhatian sendiri bagi Pemkab. "Warga disini luar biasa semangatnya, jalan desa masih sulit semoga kedepan menjadi perhatian khusus bagi peemerintah untuk memperbaiki akses jalan, semoga warga semakin taqwa kepada Allah, semakin meningkatnya kualitas shalat kita, Semakin makmurnya masjid dan mushola," katanya.
    Tak hanya itu, Wabub berharap warga masyarakat juga semakin sholeh dalam arti sosial. Senang berbagi, senang bersodaqoh, senang menjaga lingkungan, senang bersilaturahmi, senang menjaga persatuan, serta senang membangun  desa dan daerah. Karena semua itu juga bernilai ibadah.  Kesemuanya itu sejalan dengan pembangunan yang sedang dilaksanakan yakni Bersama Menuju Masyarakat Kebumen yang Sejahtera, Unggul, Berdaya, Agamis dan Berkelanjutan.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top