• Berita Terkini

    Senin, 30 Maret 2020

    Sosialisasikan Pencegahan Corona, RSPM Kebumen Lakukan Penyemprotan Pasar di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebagai wujud serta antisipasi penanganan dan pencegahan terhadap penyebaran Virus Corona (Covid-19), Rumah Sakit Permata Medika (RSPM) Kebumen melakukan penyemprotan disinfektan.

    Sebanyak 7 personil petugas kesehatan dan spraying dari RSPM Kebumen diterjunka. Mereka menyemprot pasar Indrakila (Pasar Krakal) Alian dan Pasar Mertokondo Kecamatan Kebumen. 

    Direktur RS Permata Medika Kebumen, dr Nita Ariani Safitri, mengatakan selain penyemprotan desinfektan, pihaknya juga menerjunkan beberapa tenaga kesehatan dan staff rumah sakit untuk menyosialisasikan perilaku Sosial Distancing dan kebersihan mencuci tangan dengan sabun.

    "Ini agar masyarakat juga paham cara penularan virus corona dari jaga jarak dan perilaku kebersihan," kata dr Nita didampingi Bagian Humas RS Permata Medika Asri Nurhayati SKM, Senin (30/3/2020).

    Asri menyampaikan, penyemprotan kemarin dilakukan baik di dalam pasar maupun di luar pasar seperti lokasi pasar basah hingga pedagang kaki lima dan kios.  "Semua area kita semprot terutama yang rawan dengan virus berkembang biak seperti tempat basah," katanya.

    Meski dilakukan di siang hari, penyemprotan disinfektan di Pasar Krakal dan Mertokondo tidak menggangu pedagang maupun pembeli. Pasalnya penyemprotan dilakukan tidak bersamaan dengan waktu pasaran. "Pasar yang kita semprot tidak setiap hari buka, misal di pasar Krakal sistem pasaran hanya hari Selasa dan Sabtu, jai kita  semprot dilain hari itu," kata Asri.

    Pihaknya pun menghimbau para pedagang serta masyarakat waspada. Mengingat, pasar merupakan sentra kegiatan serta menjadi tempat bertemunya ratusan orang. Agar tidak terpapar corona, warga diminta menjaga jarak dan tidak melakukan kontak fisik secara langsung.
    "Masyarakat baik pedagang dan pembeli harus tetap waspada akan kesehatan, tetap menggunakan masker dan menjaga kesehatan dan kebersihan usai transaksi segera cuci tangan dengan sabun," ungkapnya.(fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top