• Berita Terkini

    Jumat, 27 Maret 2020

    Merapi Erupsi, Wilayah Kebumen Kota Hujan Abu

    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Gunung Merapi mengalami erupsi, Jumat (27/3/2020).

    Letusan Merapi ini juga berasa di Kebumen. Terutama di kawasan perkotaan, terpantau hujan abu. "Hujan abu mulai terlihat tadi sekitar pukul 15.30 WIB. Langit juga gelap," ujar anggota PMI Kabupaten Kebumen, Purwanto, Jumat.

    Hujan abu di wilayah kota Kebumen terpantau cukup tebal, bahkan terlihat jelas di kaca-kaca mobil. "Kami menghimbau agar warga waspada dan mengenakan masker saat keluar rumah," imbuh Purwanto.

    Berdasarkan siaran dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Gelogi (BPPTKG) Yogyakarta, erupsi Merapi terpantau Jumat siang ini  sekitar pukul 10.56 WIB. Dengan ketinggian kolom 5 km.

    Letusan Merapi terekam di di seismograf dengan amplitudo 75 mm dan durasi 7 menit. Awan panas diperkirakan terjadi sejauh 2 km di sektor selatan.-Tenggara. Hujan abu dilporkan terjadi hingga radius 20 km dari puncak.

    "Kejadian semacam ini masih masih dapat terus terjadi sebagai indikasi bahwa suplai magma dard apur magam masing berlansng. Ancaman bahaya letusan ini berupa awan panas dan lopntaran materi vulkasni

    Masyarakta diminta tetap tenang dan beraktivitas sepeti biasa di laur radisu 3 km dari puncak merapi. (fur/cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top