• Berita Terkini

    Kamis, 19 Maret 2020

    MDMC Bentuk Command Center Covid-19

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Mewaspadai merebaknya Covid-19 atau Virus Corona, Lembaga Penanggulangan Bencana Muhammadiyah (LPBM) atau Muhammadiyah Disaster Management Center, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (MDMC PDM) Kebumen membentuk Command Center Covid-19.

    Command Center Covid-19 akan melaksanakan berbagai tugas terkait dengan upaya dalam mewaspadai pencegahan dan penyebaran serta penanganan virus corona. Ini baik melakukan sosialisasi, pendataan hingga pencegahan secara langsung. Baik itu dalam bentuk himbauan atau memberi bantuan ambulan serta menyediakan call center.

    Sekretaris PDM Kebumen Mulan Anafati menyampaikan berbagai hal akan dilaksankaan oleh Command Center Covid-19. Ini terbagi dalam beberapa sektor meliputi keagamaan, sosial, umum, media dan lainnya. terkait dengan keagamaan akan berkoordinasi dengan PCM dan takmir masjid.

    Dalam hal ini juga akan menyiapkan meteri-meteri Khutbah Jumat dan pengajian yang sesuai dengan fiqh kebencanaan. “Kami juga akan menyiapkan alternatif pengajian tatap muka dengan metode yang lain,” tuturnya, Kamis (19/3/2020).

    Akan dilaksanakan juga, sosialisasi terkait dengan menjaga kebersihan kepada para takmir masjid dan Umat Islam. Ini terkait dengan pencegahan dan penghantian penyebaran virus corona. “Ini seperti menggulung karpet, menyediakan sabun cuci tangan dan anjuran untuk sholat di rumah bagi yang sakit dan berperilaku hidup bersih dan sehat,” paparnya.

    Untuk tim logistik, lanjutnya akan bertugas melaksanakan beberapa hal. Diantaranya meliputi pembersihan dan dekontaminasi terkait dengan Alat Pelindung Diri (APD). Seperti goggle, masker, boot, handscoen, helm dan baju pelindung. Adapun perlengkapan dekontaminasi meliputi tank sprayer, larutan klorin dan karbol. “Untuk Amal Usaha  Muhammadiyah (AUM) untuk segera melakukan koordinasi dengan Dikdasmen PDM Kebumen,” ungkapnya.

    Mulam juga menegaskan, terkait Bidang Kesehatan Command Center Covid-19 akan melakukan pendataan Orang Dalam Pantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dengan kondisi ekonomi lemah.  Dalam hal ini akan dilaksanakan koordinasi dengan AUM Kesehatan/MPKU PDM Kebumen terkait hasil pendataan dan kemudian akan ditindaklanjuti. “Kami juga akan menyediakan konten untuk mendukung tenaga kesehatan dalam menghadapi virus corona,” ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top