• Berita Terkini

    Minggu, 01 Maret 2020

    Kampung Keteb Jadi Destinasi Wisata Baru di Kebumen

    KEBUMEN (kebumenekspres.com) - Semakin banyak saja pilihan untuk menikmati keindahan panorama dan kekayaan seni budaya Kebumen. Dari yang banyak itu, Kampung Keteb di Dukuh Nusatutub RT 03 RW 06 Desa Jatijajar Kecamatan Ayah ini bisa menjadi alternatif.

    Kabar bagusnya, Kampung Keteb kini telah siap menyambut wisatawan menyusul peresmian obwis tersebut oleh Bupati Kebumen, KH Yazid Mahfduz, kemarin.

    Ketua Pengelola Kampung Keteb, Muhtar Fauz, menyampaikan Kampung Keteb merupakan destinasi wisata yang menampilkan kekayaan alam berupa areal persawahan.  "Nama Keteb sendiri diambil dari istilah sebuah tempat di pinggiran sawah," terangnya.

    Sejumlah spot yang ditawarkan, diantaranya berupa wisata kuliner tradisional khas Jatijajar. Aneka kuliner itu cukup istimewa karena bisa dinikmati di sejumlah gazebo yang ada di tepi sawah. Untuk membelinya menggunakan mata talen, yakni mata uang yang terbuat dari tempurung kelapa. Adapun nilai tukar 1 talen sama dengan Rp 2 ribu.

    Selain itu, juga ada wahana permainan anak tradisional, seperti egrang, kuda-kudaan, mobil-mobilan. Kemudian, pengunjung yang datang juga bisa mengikuti kelas latihan gamelan gratis. "Kita sudah kerjasama dengan paguyuban dalang Kecamatan Ayah," sambungnya.

    Para pengunjung juga bisa belajar cara menaman tanaman dengan metode hidroponik. "Ada juga outbond sampai wahana kolam renang," ucapnya.

    Desatinasi yang merupakan bagian dari Dewajati (Desa wisata Jatijajar) ini buka setiap Minggu.   "Ini cocok untuk wisata keluarga yang ingin santai sambil mendengarkan musik tradisional," pungkasnya.

    Bupati Yazid Mahfudz, mengatakan Kampung Keteb menjadi bagian dari eduwisata di Kabupaten Kebumen. "Kampung Keteb salah satu destinasi wisata pendidikan. Oleh karenanya kita akan bantu promosi," kata Yazid Mahfudz.

    Ia menegaskan, Pemkab Kebumen mendorong pertumbuhan industri pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat. Seperti Kampung Keteb ini, merupakan wujud masyarakat yang selalu berinovasi dan kreatif.  "Ke depan kekuatan ekonomi ada di desa. Bahkan, desa menjadi ujung tombak pembangunan nasional. Makanya kita dorong agar tiap desa punya potensi sendiri," imbuhnya. (cah)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top