• Berita Terkini

    Jumat, 13 Maret 2020

    Informasi JKN-KIS Bisa Diakses via Telegram Bot dan Whatsapp Bot

    KEBUMEN (kebumenskpres.com)– Di era generasi milenial dimana teknologi sudah menjadi keseharian, aplikasi media sosial berbagi pesan Telegram dan Whatsapp menjadi bagian tak terpisahkan. Sadar dengan hal itu, BPJS pun menggunakannya agar lebih memudahkan masyarakat.

    Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen, Wahyu Giyanto mengatakan, baru-baru ini telegram dan whatsapp membuat sebuah inovasi chat bernama bot yang bertujuan untuk pengguna telegram/whatsapp ini memperoleh suatu informasi yang diberikan oleh seseorang atau instansi dalam bot tersebut.

    Salah satu inovasi dalam bentuk bot ini dimanfaatkan oleh BPJS Kesehatan untuk kemudahan peserta dengan meluncurkan Chika, asisten Bot Program JKN dalam telegram maupun whatsapp.

    “Asisten yang bernama Chika ini dapat mempermudah pengguna telegram maupun whatsapp memperoleh info-info mengenai Program JKN. Info yang dapat kita peroleh yaitu Status kepesertaan, tagihan iuran JKN, Manfaat & Prosedur, informasi layanan Faskes & Kantor Cabang, Informasi kepesertaan, dan juga lokasi Faskes," kat Wahyu Giyanto kepada Ekspres, Jumat (13/3/2020).

    Lebih lanjut Wahyu mengungkapkan bahwa aplikasi telegram/whatsapp bot ini sangat cocok untuk kaum milenial yang sangat paham betul mengenai dunia per-medsos-an. Peserta JKN dapat merasakan layanan Bot ini dengan mengklik Link https://t.me/BPJSKes_bot untuk telegram, dan https://api.whatsapp.com/send?phone=628118750400 untuk aplikasi Whatsapp.

    "Aplikasi Bot yang dibuat oleh BPJS Kesehatan ini diharapkan mempermudah peserta JKN-KIS khususnya peserta kaum milenial sehingga informasi seputar JKN dapat diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia tanpa terkecuali tanpa harus download aplikasi via playstore," katanya.
    Peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan KC Kebumen mengungkapkan, Armi Tri Setyowati (22), kemudahan drasakan dari aplikasi Bot yang sudah dimanfaatkan oleh BPJS Kesehatan ini ian merasa sangat simpel.

    "Kita hanya masuk dalam aplikasi telegram/whatsapp dan mengklik link bot tersebut semua layanan yang biasa dilakukan peserta di kantor cabang dapat dilakukan di aplikasi tersebut, sehingga kaum milenial saat ini yang mayoritas pasti menggunakan aplikasi tersebut dapat dengan mudah untuk melakukan cek kepesertaan, cek tagihan, mengetahui informasi publik seputar JKN-KIS bahkan sampai dengan lokasi Fasilitas Kesehatan BPJS Kesehatan,” ujarnya. (Fur/wh/rz)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top