• Berita Terkini

    Minggu, 01 Maret 2020

    Enceng Gondok Kali Rowo Dibersihkan

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)– Mengantisipasi banjir, warga Kecamatan Bonorowo bersama ratusan relawan gugur gunung membersihkan enceng gondok di Sungai Rowo. Ratusan peserta mengikuti kegiatan yang dikemas dengan "Resik-Resik Enceng Gondok di Kali Rowo" tersebut.

    Camat Bonorowo, Udy Cahyono, yang memimpin sendiri kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan resik-resik enceng gondok di kali Rowo adalah agenda tahunan warga Kecamatan Bonorowo, kegiatan ini dilaksanakan guna mengantisipasi bencana banjir akibat meluapnya Sungai Rowo yang sangat penuh dengan enceng gondok.

    "Kegiatan ini murni agenda warga yang difasilitasi oleh kecamatan dan ini adalah agenda tahunan yang harus dilaksanakan bila musim hujan sudah datang," ujar Camat Udy yang juga bendahara pengurus PMI Kebumen tersebut.

    Udy menjelaskan, Tim bersih sungai berada di Desa Bonorowo dengan cakupan area 500 meter ke hulu sungai dari jembatan Bonorowo di sebelah timur Koramil Bonorowo.  Kerjabakti ini juga melibatkan unsur TNI, Polri dan relawan PMI Kebumen. Mereka membersihkan enceng gondok dan tanaman Kangkungan yang memenuhi aliran sungai rowo dari aliran DAS Kali Rowo yang membelah Kecamatan Bonorowo, mulai dari Desa Mrentul, Bonjok Lor, Bonjok Kidul, Bonorowo, Tlogorejo, Patuk Rejo hingga Desa Rowosari.

    "Kita juga di bantu Tim Dapur Umum PMI Kebumen sejak sehari sebelumnya untuk menyiapkan dihidangkan pada kegiatan resik resik Kali Rowo," kata Udy.

    Ketua PMI Kabupaten Kebumen, Sabar Irianto, melalui, Staf urusan Relawan,  Qosim Jamaludin, mengatakan pihaknya membangi tugas beberapa relawan, diantaranya ditugaskan menjadi tim dapur umum dan pembersihan sungai langsung. "PMI Kebumen menugaskan 25 relawan guna membantu kegiatan Resik-Resik Enceng Gondok di Kali Rowo yang terbagi menjadi 2 Tim yaitu Tim Dapur Umum dan Tim Sungai" ujar Jamal. (fur)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top