• Berita Terkini

    Kamis, 05 Maret 2020

    Belasan Rumah di Kebumen Rusak Diterjang Longsor

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Musim hujan yang menjadi berkah bagi para petani, ternyata juga berdampak bencana. Hujan deras disertai angin yang beberapa waktu lalu melanda wilayah Kabupaten Kebumen, Rabu hingga Kamis (4-5/3/2020) berdampak sekian wilayah mengalami bencana. Ini mulai dari tanah longsor dan banjir.

    Bukan saja banjir yang terjadi di beberapa titik tetapi juga tanah longsor.  Terlaporkan belasan rumah warga di beberapa kecamatan tertimpa material longsor. 

    Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebumen, tanah longsor sedikitnya terjadi di 13 titik. Ini terjadi di enam kecamatan. Longsor yang menimpa rumah warga terjadi di Desa Giyanti Kecamatan Rowokele menimpa rumah Marjan dan Sanudin. Di kecamatan yang sama yakni di Desa Wagidpandan longsor juga menimpa rumah Madiarjo hingga temboknya jebol. Longsor di Rowokele juga menyebabkan jalan Desa di Sukomulyo tersendat, sehingga menyebabkan arus lalu lintas terhambat.

    Selain itu longsor di Kecamatan Ayah, terjadi di Desa Srati menimpa rumah H Alimun, Desa Kalipoh menimpa rumah Slamet dan Desa Karangduwur menimpa rumah Saiman. Selain itu, longsor juga menyebabkan akses jalan terhambat lantaran material jatuh ke bahu jalan.  Ini seperti di Desa Karangduwur, Jintung, Tlogosari.
    Kemudian, rumah warga yang tertimpa material juga terjadi di Desa Watulawang Kecamatan Pejagoan dengan tiga rumah rusak. Ini meliputi milik Mandireja,  Khaidi, dan Tamiarja. Bukan itu saja di Desa Plarangan Kecamatan Karanganyar, Kaligending Karangsambung, Wonokromo Kecamatan Alian, Rahayu Kecamatan Padureso longsor menutup bahu jalan sehingga mengganggu lalu lintas.

    Humas BPBD Kebumen Heri Purwanto mengemukakan pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan asesmen dan pendataan kejadian bencana di wilayah Kebumen. Disisi lain, beberapa titik sudah dilakukan penanganan seperti pembuangan material longsor ataupun pembersihan jalan. "Kami masih terus melakukan pendataan, di beberapa titik juga terjadi pohon tumbang dan banjir, " katanya.

    Sementara itu, data mengenai pohon tumbang terjadi di sembilan titik. Ini meliputi Desa Caruban Kecamatan Adimulyo menimpa rumah, Kenoyojayan Ambal menimpa rumah Tusiran, Kedungwinangun Klirong pohon tumbang melintang di jalan. Desa Ambalresmi Kecamatan Ambal pohon menimpa rumah Suratmi, Tamanwinangun Kebumen pohon menimpa jalan, Desa Arjodono Kuwarasan pohon menimpa rumah Slamet dan Rajimin.

    Kemudian, Desa Rangkah Kecamatan Buayan pohon tumbang menimpa rumah salah satu warga. Desa Rogodadi Kecamatan Buayan pohon juga dilaporkan menimpa rumah warga, dan lagi di Desa Kamulyan Kecamatan Kuwarasan pohon tumbang menyebabkan rumah Rajimin rusak.  Selain itu pohon tumbang juga terjadi di Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan. "Untuk pohon tumbang sudah dilakukan asesmen dan beberapa titik terutama yang jalan sudah tertangani," katanya.

    Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono saat mengunjungi lokasi longsor di Kecamatan Ayah menyamapaikan penanganan sementara langsung dilakukan. Adapun nanti yang longsor akan ada bantuan bronjong dan semen. Sementara juga akan diterjunkan alat barat. "Kami juga mengimbau kepada warga yang terdampak untuk mengungsi ke tempat yang aman terlebih dahulu," ucapnya. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top