• Berita Terkini

    Sabtu, 07 Maret 2020

    Antisipasi Corona RSDS Kebumen Siapkan 12 Ruang Isolasi

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Mewabahnya virus corona diberbagai daerah tak luput dari perhatian RSDS Kebumen. Dalam hal ini RSDS Kebumen pun melakukan serangkaian kesiapsiagaan untuk mengantisipasi adanya pasien dengan gejala virus corona COVID-19. RS Dr Soedirman Kebumen kini mulai berbenah menyiapkan segala sesuatunya. Rumah sakit milik pemerintah ini telah menyiagakan 12 ruang isolasi pasien di beberapa titik.

    Direktur RSDS Kebumen Widodo Suprihantoro menjelaskan ruangan isolasi terbagi pada tiga titik. Ini meliputi dua  di ruang IGD dan satu ruang ICCU. Sisanya sisanya ruang rawat inap. Selain penyediaan alat medis standar, juga disiagakan petugas medis. Dimana terdapat dokter spesialis paru, spesialis dalam 4, spesialis anak 2, 2 spesialis patologi dan 15 dokter di IGD.  "Untuk tenaga medis dan ruang isolasi sudah siap. Ruang isolasi ini biasa digunakan untuk pasien dengan gangguan saluran pernapasan," katanya, Kamis (5/3/2020)

    Kesiapsiagaan pihak RSDS mendasari pada Surat Edaran Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah terkait kesiapsiagaan penyakit infeksi emerging (PIE). Sarana prasarana yang disiapkan, lanjut Widodo, seperti halnya masker, alat pelindung diri dan lain sebagainya. Dimana masker telah tersedia 17.000, antiseptik butuh 576 liter, pakaian khusus 26 set, kacamata 17 unit, sepatu boot, helm khusus dan sarung tangan. "Untuk alat pelindung diri terus kami persiapkan," imbuhnya.

    Dokter Spesialis Paru RSDS Kebumen, Miftahudin mengemukakan kini sudah mulai membentuk tim dan akan mempersiapkan kebutuhan penanganan bila kedatangan pasien. Tim tersebut terdiri bukan saja dokter namun juga seluruh unit di RSDS Kebumen. Jika seluruh sarana prasarana sudah tersedia, akan dijadwalkan simulasi.  "Nanti akan dilakukan simulasi," kata Miftahudin yang merupakan ketua tim penanganan COVID-19 RSDS.

    Pada kesempatan itu, Miftahudin mengimbau agar masyarakat untuk tetap tenang dan selalu menjaga kebersihan seperti mencuci tangan serta mengenakan masker saat sakit. Selain itu juga menjaga kondisi tubuh dan menghindari berpergian ke daerah yang telah dinyatakan suspect virus corona COVID-19. (mam)

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top