• Berita Terkini

    Jumat, 13 Maret 2020

    500 Peserta Ikuti Seminar Parenting MI Muhammadiyah Klopogodo

    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sebanyak 500 peserta wali siswa, mengikuti seminar parenting yang digelar di Sekolah Alam MI Muhammadiyah Klopogodo, Gombong. Para peserta terdiri wali murid, guru dan karyawan pun antusias mengikuti kegiatan ini.

    Seminar mengundang pakar parenting dan psikolog Bunda Rofiah Akbar MPsi sebagai narasumber mengajak orang tua wali siswa terlibat saling bersinergi dalam pengasuhan dan pendidikan anak.

    Kepala MI Muhammadiyah Klopogodo, Mohamad Nurwahid SPd, mengatakan kegiatan parenting merupakan program kerja sekolah yang melibatkan para orang tua. Kegiatan itu bertujuan memberikan pemahaman kepada setiap orang tua tentang potensi yang dimiliki anak-anak mereka.

    “Dengan mengetahu potensi anak, kita tidak salah mendidik mereka untuk generasi akan datang. Karena selama ini, terkadang yang dilihat para orang tua hanya nilai anaknya saja. Tetapi bagaimana potensi yang dimiliki anak, harus digali lebih dalam lagi,” katanya, Jumat (13/3/2020)

    Dia berharap, kegiatan parenting tidak sekadar berhenti pada diskusi antara pemateri dan wali murid, tetapi dapat membuka kesadaran setiap orang tua untuk dapat bekerja sama dalam mendidik anak untuk menjadi generasi yang lebih baik.

    “Harapan kami, setiap anak menjadi insan dan generasi gemilang di masa mendatang. Dan mereka tentu harus disiapkan dari saat ini. peran orang tua adalah salah satu kunci untuk mewujudkan itu,” tambah Nurwahid.

    Sebagai narasumber, Rofiah Akbar MPsi, mengatakan deteksi gangguan pertumbuhan dan perkembangan anak sangat penting dilakukan sejak dini agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Oleh karenanya pendidikan dan wawasan yang baik serta luwes tidak hanya dimiliki seorang anak, melainkan juga harus dimiliki orang setiap orang tua wali siswa. Dengan demikian, para wali murid dapat memahami apa yang menjadi kebutuhan setiap anak.

    "Memiliki anak yang cerdas dan berkarakter, tentunya menjadi mimpi setiap orang tua. Namun untuk dapat mendidik anak dengan baik, maka tentu diperlukan cara-cara yang baik juga. Baik dari sisi sekolah maupun lingkungan keluarga," ungkapnya.

    Tak hanya itu, Rofiah mengungkapkan sisi lain dari pendidikan seorang anak, harus mampu berjalan seiring antara pendidikan yang mereka dapatkan di sekolah dan lingkungan keluarga. Sehingga peran dari setiap wali murid juga penting untuk membentuk karakter anak.

    "Orang tua perlu memperhatikan tidak hanya pertumbuhan anaknya saja tetapi perkembangan anak juga perlu diperhatikan pertumbuhan bersifat kuantitatif (perubahan ukuran fisik) Perkembangan berkaitan dengan kualitatif yakni diantgaranya psikis, mental, emosi, akhlaq dan kecerdasan," katanya. (fur

    Berita Terbaru :


    Scroll to Top